Image from farotech.com
Pemasaran secara Online merupakan jenis pemasaran simple dan menguntungkan. Dengan melakukan pemasaran secara online, produk atau jasa anda mendapat jangkauan yang lebih baik dengan customers (pelanggan). Dengan pemasaran jenis ini, produk/jasa anda berpotensi mendapatkan pendapatan yang lebih baik dan tentunya mendapatkan respon yang baik juga dari customer.
Untuk meningkatkan minat audiens terhadap pemasaran online anda, pemanfaatan kekuatan konten dan media pemasaran sangat perlu di perhatikan. Dalam hal ini, pengalaman/ilmu mengenai cara melakukan pemasaran online yang baik di perlukan agar tidak terjadinya kerugian. Jika anda sebelumnya belum pernah melakukan pemasaran online, jenis pemasaran ini lumayan menantang bagi anda. Bila meninjau dari perkembangan nya, sudah banyak produktor yang melakukan pemasaran jenis ini sehingga memperbesar tingkat persaingan yang ada.
Untuk memenangkat persaingat dalam pemasaran Online, ada beberapa startegi sederhana yang dapat anda terapkan pada kegiatan pemasaran Online anda. Berikut ulasanya.
1. Selalu fokus
Fokus merupakan salah satu langkah/cara sederhana untuk memenangkan pemasaran Online. Fokus yang di maksudkan ialah fokus terhadap membangun sebuah brand yang kuat dengan mendapatkan kesempatan lebih baik untuk sukses. Fokus sangat di perlukan untuk menciptakan hasil yang maksimal atas apa yang di kerjakan. Banyak pekerjaan yang kurang maksimal pada hasilnya di sebabkan pelaku pekerjaan tersebut yang kurang fokus saat menghadapi proses nya.
Bagaimana sih cara fokus untuk memenangkan persaingan pemasaran online ? untuk memenangkan persaingan di dalam pemasaran online, anda lebih baik fokus terhadap kualitas produk anda dan fokus terhadap target pemasaran. Pada dasarnya PRODUK dengan TARGET PEMASARAN merupakan dua hal yang saling berpengaruh satu sama lain.
Fokus terhadap kualitas poduk yang di tawarkan merupakan cara yang lebih baik dalam menciptakan kepuasan konsumen. Mendapatkan kepuasaan konsumen merupakan ciri jika produk anda telah memenangkan persaingan pemasaran. Pelanggan yang merasa puas akan cenderung untuk datang kembali, dan sebaliknya jika pelanggan merasa tidak puas dengan produk anda mungkin ia akan meng-akhiri pembelian produk anda.
2. menjaga aksesibilitas
Cara lainya agar anda dapat memenangkan pemasaran online ialah dengan menjaga aksesibilitas usaha anda dengan customers. Aksesibilitas menyangkut hubungan antara produk anda dengan customer yang sudah menjadi pelanggan setia anda. Dengan menjaga aksesibilitas, pelanggan akan selalu merasa terlayani dengan baik. Aksesibilitas juga dapat menjadi alasan mengapa usaha anda kalah dalam melakukan pemasaran secara online.
Dalam hal ini aksesbilitas menyangkut kekonsistensian anda dalam mempublikasikan produk yang anda pasarkan secara online. Jika anda sudah melakukan pemasaran secara online ada baiknya jika anda melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap produk yang anda publikasikan. Jangan sampai ketika anda mempublikasikan produk anda lalu anda menghilang. Hal tersebut sangat lah tidak baik untuk di lakukan.
Jika anda tidak menjaga aksesibilitas yang baik dengan pelanggan anda, pelanggan online anda tidak akan ragu-ragu untuk menggantikan anda meskipun anda menghentikan akses tersebut selama beberapa minggu atau bulan. Untuk menghindari hal itu, anda dapat melakukan percakapan dengan pelanggan anda sesering mungkin demi menjaga kepercayaan mereka.
3. Membuat pelanggan secara suka rela untuk men-share produk anda
Salah satu tanda anda memenangkan persaingan pemasaran online ialah dengan membuat pelanggan men-share produk anda dengan suka rela. Untuk dapat mencapai hal tersebut anda harus dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan yang membeli produk anda. Bila mereka merasa puas, mereka kemungkinan akan mempromosikan produk anda dengan orang lain nya seperti kerabatnya, rekan kerja bahkan munkin ia akan men-share peroduk anda di media sosial miliknya.
Alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi ialah kepuasaan memiliki arti tersendiri di rana perdagangan. Bila produk usaha anda dapat menerapkan kesetaraan terhadap pelayan dan kualitas produk di ikuti dengan penyesuaian budget yang di keluarkan, jika pelanggan anda merasa puas dengan produk yang anda berikan ia kemungkinan anda membeli lagi produk anda / menjadi return customer.
Selain menjadi return customer, pelanggan yang merasa puas dengan produk anda kemungkinan akan memberitahu kerabat serta temanya yang memerlukan produk dalam hal yang sama seperti yang ia lakukan. Jika temanya bertanya mengenai tempat membeli suatu barang yang berkualitas baik, jika anda memiliki barang tersebut kemungkinan pelanggan yang puas dengan produk anda akan mempromosikan toko anda.
4.Sabar yang akan mengarahkan anda pada tujuan anda
Sifat yang satu ini merupakan landasan dari semua proses yang telah di jelaskan di atas. Sifat ini berkaitan dengan proses waktu yang diisi dengan hal-hal yang optimal. Pemasaran online tidak dapat di menangkan dengan waktu hanya semalam, yang artinya sebelum anda terjun di dunia bisnis online ada baiknya jika anda berkomitmen terlebih dahulu jika memang proses sukses dalam hal apapun dan cara apapun membutuhkan waktu.
Cara yang anda dapat lakukan untuk menggunakan sifat sabar sebagai cara memenagkan pemasaran online, anda dapat berkomitmen pada awal anda memulai usaha online tersebut dengan bekomitmen untuk mendapatkan hasil dalam jangka panjang. Dengan komitmen tersebut secara tidak langsung anda mempengaruhi diri anda sendiri untuk menciptakan kualitas di bandingkan kuantitas.
0 Comments