Format Penulisan dan Cara Membuat Mini Research Bahasa Inggris

Mini research atau Penelitian Kecil merupakan sebuah tugas kuliah untuk mahasiswa yang di terapkan oleh beberapa kampus Negeri maupun Swasta. Tujuan dari tugas ini adalah melatih mahasiswa untuk menganalisa cara penulisan thesis (Penelitian) yang dapat membantu mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir kuliah (Skripsi). 

Kerangka penulisan mini research tidak jauh berbeda dengan penulisan skripsi. Bedanya pada mini research sub chapter tidak sebanyak yang ada pada skripsi, Karena tujuan penelitian kecil ini hanya untuk melatih mahasiswa untuk dapat mengerjakan sendiri skripsi nantinya.


Cara Membuat Mini Research

Title 
Title pada mini research serupa dengan title yang ada pada skripsi. misal peneliti ingin melakukan penelitian eksperimen dapat menggunakan kata (The Effect Of .......... ), atau peneliti ingin melakukan penelitian tindakan kelas dapat menggunakan awalan (Improving Students ..........).

Chapter 1 (Research Problem)
Chapter 1 untuk mini research hanya fokus pada penjabaran masalah yang di temukan dilapangan lain halnya pada skripsi selain background masalah, ada identification, limitation, objective, significant of the study dan yang lainnya. Pada mini research hanya menjabarkan mengenai latar belakang masalah penelitian (Research Problem).

Chapter 2 (Theoritical Framework)
Pada chapter ini, peneliti harus menuliskan kerangka teori sesuai dengan penjelasan judul. Bila mengambil judul seperti "The effect os using fishbone strategy on students' reading comprehension", maka kerangka teori seperti definisi reading, reading comprehension dan definisi fishbone strategy beserta kelebihan dan kekurangan.

Hypothesis 
Peneliti menuliskan hypothesis (dugaan sementara) atas penelitian yang akan dilakukan. Hypothesis seperti Ha (Alternative Hypothesis) dan Ho (Null Hypothesis).

Chapter 3 (Research Design)
a.Research Design
Pada chapter 2 membahas desain penelitian, seperti jenis penelitian yang di gunakan (Kualitatif atau Kuantitatif), (Eksperimen atau Penelitian Tindakan).

b. Technique of Data Analysis
Technique of Data Analysis adalah cara peneliti untuk menganalisa data. Seperti penggunaan rumus t-test yang sesuai dengan jenis (design) penelitian yang digunakan.

c. Instrument of The Research (Instrumen Penelitian)
Instrumen yaitu media apa saja yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Seperti jenis soal serta penggunaan questionnaire.

d. Population and Sample 
Populasi merupakan jumlah keseluruhan objek penelitian. Sample berarti sebagai jumlah dari populasi yang menjadi titik fokus objek yang di teliti. Pada sub chapter ini, peneliti dapat menuliskann jumlah seluruh kelas 10 SMA Jurusan IPA sebagai populasi yang ada, dan mengambil 2 kelas sebagai sample yang diteliti.

Chapter 4 (Data Analysis)
Chapter 4 merupakan menjabaran data serta penghitungan data sesuai dengan rumus t-test yang telah dituliskan sebelumnya.

Chapter 5 (Conclusion)
Pada chapter 5, peneliti menuliskan kesimpulan yang di dapat. Apakah hasil penelitian yang di dapatkan?. 

Kesimpulan : Mini Research merupakan tugas yang pada dasarnya diberikan dengan tujuan melatih mahasiswa untuk menyusun kerangka konsep penelitian. Dengan memahami cara membuat mini research, mahasiswa akan merasa mudah untuk dapat mengerjakan skripsi (Penelitian yang sebenarnya) nantinya pada semester akhir.

Post a Comment

0 Comments