Di era modern seperti sekarang sangat menekankan agar memiliki pendapatan yang besar. Hal tersebut mengingat akan kebutuhan semakin mahal dan sudah maraknya persaingan bisnis. Hal tersebut membuat perlu adanya dobrakan baru dalam menghasilkan pendapatan.
Untuk meningkatkan pendapatan "berwirausaha" menjadi pilihan sebagian orang. Karena dibatasi oleh skill, berbisnis merupakan jalan satu-satunya cara meraup pendapatan dalam memenuhi kebutuhan. Tetapi dalam berbisnis, ada banyak hal yang harus di pertimbangkan diantaranya Modal, Lokasi usaha, Produk, Konsumen, serta berbagai aspek lainya.
Salah satu jenis bisnis yang ramai di lakoni sekarang ialah berbisnis "Kuliner". Ya, kuliner menjadi salah satu sektor bisnis yang sangat di gandrungi sekarang ini. Karena pasalnya "Kuliner" tidak hanya menjadi kebutuhan akan konsumsi tetapi lebih dari pada itu "Kuliner" berubah menjadi destinasi wisata. Tidak jarang banyak orang yang senang untuk meng-Explore beberapa dan beraneka ragam destinasi kuliner.
Hal ini dapat kita lihat dengan adanya acara pertelevisian yang mengambil tema "Kuliner" sebagai program tayangan. Hal tersebut membuktikan bahwa "kuliner" tidak lagi hanya menyangkut membasmi rasa lapar, tetapi menjelma menjadi tujuan wisata (Wisata kuliner). Hal ini dapat menjadi pertimbangan oleh para pelaku usaha.
Lalau bagaimana agar sukses berbisnis kuliner?
Bila kita tanggapi, banyak sekali pelaku usaha yang mulai membuka bisnis di rana kuliner. Pada kenyataan nya banyak dari mereka yang menuai hasil/ pendapatan luar biasa dan juga tidak jarang dari mereka yang tidak beruntung dengan berbisnis kuliner.
Tahukah anda, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur sukses berbisnis kuliner. Karena teori ini berdasarkan pola pikir dan observasi dari penulis, Artikel ini menjadi salah satu artikel "Rahasia", Yang mana "Rahasia" ini akan terbongkar di kala anda mengunjungi website ini "Maxinroe".
Apa saja "Rahasia Sukses Berbisnis Kuliner" tersebu? berikut Rahasianya.
Membuat hal unik
Rahasia pertama untuk sukses berbisnis kuliner ialah dengan membuat hal unik. Bukan perkara tabu, sering kiranya "Restoran atau Rumah makan" yang terkenal karena ciri khas atau keunikanya. Salah satu contohnya Resto "Taman Selfi" Binjai. Taman selfi memiliki hal unik dari segi tempat dan spot fotonya.
Hal tersebut akan menjadi signature dari tempat usaha anda. Jadi, jika anda ingin bisnis kuliner anda maju, dengan membuat /menciptakan hal unik dapat menjadi tolak ukur perkembangan bisnis anda.
Sering membuat Event
Menurut pengamatan penulis, "Event" yang di selenggarakan di tempat bisnis kuliner mampu memfamiliarkan bisnis itu sendiri. Pasalnya, "Even" dapat menjadi sebuah daya tarik bagi pengunjung untuk menikmati makanan sambil menikmati even tersebut.
Apa yang di maksud dengan "event"? , Dalam hal ini "Event" dapat berupa acara musik, Pameran atau hal lainya yang bersifat menghibur. Biasanya "Event ini sangat sukses menarik banyak pengunjung untuk mampir dan tentunya meramaikan tempat usaha kuliner anda.
Event tersebut tidak hanya sebatas acara "Musik" tetapi even tersebut dapat berupa acara pengajian, Reonian, Dakwah dan berbagai jenis kegiatan sosial lain yang mengundang banyak orang.
Bila bisnis kuliner anda termasuk bisnis kuliner berbasi Resto maupun Cafe yang cukup besar, even sangat membantu untuk mengenalkan bisnis anda kepada khalayak umum. Misalkan, ketika anda menyediakan layanan tempat untuk acara pengajian, secara otomatis, makanan serta minuman anda akan di beli. Kejelian tersebut nyatanya sangat memberikan peluang sukses berbisnis kuliner.
Memanfaatkan hari besar
Nah, Rahasia sukses bisnis kuliner yang ketiga ialah dengan membuat tema atau hal tidak biasa ketika memperingati hari besar. Sebagai contoh, pada peringatan hari kartini anda dapat mengusung tema tersebut pada bisnis kuliner anda. Misalkan dengan memberikan kue yang di siapkan khusus untuk pengunjung yang membawa ibunya ketika berkunjung di Rumahmakan anda. Tentunya makanan tersebut "Free". Dan hal tersebut dapat anda publikasikan dengan mempotonya lalu menyebarkanya di media sosial.
Contoh lainya, dengan mengusung tema Welcome drink. Yang mana pengunjung di berikan free order "Welcome Drink" tetapi dengan syarat "Pengunjung" harus berpoto selfi terlebih dahulu di tempat reso anda lalu meng-uploadnya ke media sosial (Instagram, Facebook Dll) lalu berikan keterangan tempat lalu keterangan perasaan anda.
Bangun relasi yang baik dengan banyak orang
Siapa yang menyangka dengan memiliki relasi yang baik sangat membantu bisnis menjadi lebih baik. Relasi dapat memberikan kemudahan bagi anda untuk mengembangkan usaha. Contoh kecilnya, di kala anda membuat sebuah design brosur atau baliho mengenai bisnis anda. Dengan memiliki kenalan /relasi dengan orang yang paham akan hal itu, memberikan kemudahan bagi anda sendiri.
Contoh lainya, dengan memiliki kenalan yang memiliki tempat usaha yang cocok, anda dapat membuat kesepakatan bersama dengan pemilik tempat tersebut untuk menjadi kan tempat itu menjadi sebuah Resto unik.
Lalu, keuntungan dapat di sepakati secara bersama. Contoh kecil tersebut dapat memberikan Gambaran bagi kita jika "Relasi" yang baik sangat membantu sekali dalam mengembangkan usaha.
Nama makanan yang unik
Rahasia lainya, yaitu menciptakan nama makanan serta minuman pada bisnis kuliner anda yang kedengaran "Unik". Sebagai contoh bila pada umumnya nasi goreng hanya disebut dengan kata "Nasi goreng Spesial", "Nasi goreng kampung" anda dapat memberi nama unik pada nasi goreng tersebut dengan memberinya nama "Nasi goreng baper". Seakan-akan yang memakan nasi goreng tersebut "Akan merasa Baper" setelah menyantapnya. Pengandaian tersebut akan langsung tersirat di pikiran pelanggan ketika membaca nama unik tersebut pada menu resto anda.
Dan pada kenyataanya nasi goreng tersebut tetap lah "Nasi goreng" tetapi nama "Nasi goreng baper" menjadi daya tarik pada menu restoran anda.
Tempat makanan yang unik
Hal lainya yang memberikan keistimewaan terhadap bisnis kuliner anda iala tempat makanan yang terlihat unik. Bila kita lihat lebih jauh, jaman sekarang pengunjung akan cenderung mempoto makanan serta diri mereka ketika berkunjung di sebuah rumah makan /Restauran. Kebiasaan tersebut dapat menjadi peluang untuk meningkatkan ke-excited an pengunjung untuk berkunjung di resto anda.
Sebagai contoh, bila anda memiliki menu "Minuman", anda dapat menggunakan "Wadah" dengan berbentuk seperti toples kue. Tentunya "ukuran" telah di sesuaikan sebelumnya. Wadah unik tersebut memberikan efek yang sangat baik ketika pengunjung mempoto dirinya bareng minuman tersebut.
Menggunakan media sosial sebagai sarana memperomosikan bisnis
Media sosial sangat membantu untuk memperomosikan usaha kuliner anda. Karena "Kuliner" sudah menjelma sebagai suatu destinasi "Wisata" menjadikan banyak sekali orang yang akan penasaran jika melihat hal-hal menarik serta unik pada bisnis kuliner anda.
Cara nya, anda dapat mempoto dan memposting berbagai hal unik dan menarik pada bisnis kuliner anda di beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram. Dan jangan lupa untuk menyematkan keterangan alamat serta info lainya menyangkut usaha anda.
1 Comments
Di larang memasukan spam atau Link yang dapat mengganggu kenyamanan pembaca blog Maxinroe.
ReplyDelete