PENJELASAN DAFTAR ISI CHAPTER 1 - PENELITIAN EKSPERIMEN

Halo sahabat maxinroe, Kali ini penulis ingin share mengenai daftar isi yang digunakan untuk penelitian eksperimen berbahasa Inggris. Penjelasan berikut berdasarkan pengalaman penulis sendiri dalam menulis skripsi, karena kebetulan penulis merupakan mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi.

Penulis ingin menjelaskan bagaimana susunan daftar isi pada Chapter 1 (Bab 1) yang biasanya digunakan untuk penelitian kuantitatif (Eksperimen). Berikut penjabarannya:

Penelitian Eksperimen (Experimental Research)
Image from Maxmanroe.com
Di dunia pendidikan, penelitian eksperimen kerap digunakan guru untuk mengetahui apakah sebuah metode mengajar, media belajar, strategi mengajar memberikan dampak jelas kepada peningkatan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran merupakan contoh dari penerapan penelitian eksperimen.

Penelitian Eksperimen dapat diartikan sebagai salah satu jenis penelitian kuantitatif yang memberi kesempatan bagi peneliti untuk membuktikan apakah terdapat sebuah dampak yang significance dari penerapan suatu metode atau strategi dengan kemampuan belajar siswa.

Penelitian dilakukan secara sistematis, harus sesuai aturan dan teori para ahli yang ada. Begitupula bila membahas daftar isi yang terdapat di dalam sebuah penelitian.

Chapter 1 Experimental Research

Pada Chapter 1, berisi Introduction. Merupakan penjabaran mengenai masalah belajar siswa yang ditemukan, Kemampuan belajar siswa yang ingin di teliti, serta penjelasan mengenai metode apa yang ingin digunakan.

Pada Chapter 1, Peneliti akan fokus untuk menguraikan masalah belajar siswa yang peneliti dapatkan dikelas saat belajar.

Berikut Daftar isi pada bab 1

Chapter 1 (Introduction)
1.1 The Background of The Study
2.1 The Identification of The Problem
3.1 The Formulation of The Problem
4.1 The Limitation of The Problem
5.1 The Objective of The Study
6.1 The Significance of The Study

Penjelasan :

1.1 The Backgorund of The Study

Pada sub Chapter ini, peneliti akan menuliskan masalah yg di hadapi pada siswa. Tentunya hal tersebut mengenai masalah belajar yang siswa alami. Di sub Chapter ini, peneliti akan menguraikan sedikit definisi umum mengenai teori belajar dan masalah belajar siswa.

2.1 The Identification Problem

Sub Chapter ini merupakan pengenalan masalah. Membahas rangkuman masalah yang telah di jabarkan sebelumnya pada Sub Chapter Background of the study.

Masalah akan ditulis dalam bentuk pernyataan seperti :
-Siswa mengalami kesusahan dalam menghafal kosa kata bahasa Inggris
-Siswa tidak tertarik mengikuti kegiatan belajar dikelas
-Siswa ingin menghafal dengan menggunakan metode yang lebih menyenangkan.

3.1 The Formulation of The Problem

Formulation merupakan rumusan, yaitu rumusan dari masalah yg ada. Dalam menentukan Formulation, peneliti memberikan pernyataan berdasarkan Identification di atas, peneliti dapat merumuskan :

Based on the Identification of the problem above, The writer Will prove is there any significant effect of using BoardRace Game on Students's Vocabulary Mastery?

4.1 The Limitation of The Problem

Arti dari Limitation yaitu Batasan. Sub Chapter ini berfungsi untuk memberi batasan terhadap penelitian yg dilakukan. Batasan tersebut menjelaskan Apa yg menjadi titik fokus penelitian. Contoh penulisan Limitation :

In This research, The writer tends to focuss on using BoardRace Game on students' vocabulary Mastery.

5.1 The Objective of The Study 

Objective berarti tujuan. Pada Sub Chapter ini peneliti menuliskan tujuan untuk melakukan penelitian tersebut.  Contoh penulisan objective seperti :

Wheather there is any significant effect of using BoardRace game on students' vocabulary mastery. 

6.1 The Significance of The Study 

Significance of the study yaitu kepentingan mengenai penelitian yg di lakukan. Atau dapat di artikan manfaat melakukan penelitian. Bila di sekolah manfaat akan diberikan untuk Siswa, Guru, Kepala sekolah dan orang lain. 

Contoh Significance of the study :

A. To the writer 
This research Will prove If there is a new fascinated method to teach about vocabulary. 

B. To the students 
This research Will Give chance to them exploring their ability to remember english Words. 

C. To the teacher 
This method can be An alternative method to teach about vocabulary. 

D. To the School 
The result of this research later can be A learning outcome. The school Will know about the benefit of using this method on students' achievement. 

E. To the Others
This research can be a reference to the other If Want to use a game in teaching vocabulary. 

Kesimpulan : Demikian penjelasan mengenai Sub Chapter apa saja yang terdapat di Chapter 1 sebuah penelitian kuantitatif eksperimen (Eksperimental Research). 

Penulisan Sub Chapter sendiri, biasanya berbeda beda di setiap kampus nya. Namun, pada intinya penjelasan Sub Chapter tetaplah sama. Thank You for reading mates. See You! 

Post a Comment

0 Comments