Punya bisnis Online?, Dapatkan pelanggan Online dengan tips berikut


Meskipun bisnis Online terlihat sebagai sebuah bisnis yang mudah di jalankan, tetapi sama halnya dengan bisnis Offline, terdapat kesulitan nya tersendiri. Bila melihat dari mekanisme pengelolaannya yang mudah membuat banyak pelaku usaha mulai melirik pemasaran secara Online. Hal itu membuat persaingan bisnis Online yang semakin ketat, bahkan sudah dapat mengimbangi ketatnya persaingan bisnis Offline.

Tetapi, bila kita ngeflash back tujuan dari membuat toko Online ialah untuk memlakukan pemasaran produk dengan lebih luas dan tentunya untuk meluaskan jaringan/ pelanggan dengan lebih significan. Jika kita paham akan tujuan utama berbisnis online tersebut, maka saya dan anda mungkin akan lebih fokus terhadap pemasaran yang baik dan tentunya dengan kesungguhan dalam berbisnis.

Ketatnya persaingan bisnis tidak membuat anda menyerah dengan membawa bisnis anda di platform Online, Justru penulis akan berikan tips jitu agar anda dapat memenangkan pemasaran Online dengan pelaku Online lainya dan anda akan mendapatkan banyak konsumen.

Apa saja tips nya? Berikut penjelasanya.

1. Ketepatan informasi produk dan daya tariknya

Tips pertama yaitu ketepatan memberi informasi produk serta daya tarik produk anda. Penataan akun media sosial "Olshop" anda akan mampu menjadi daya tarik pelanggan anda. Sebagai contoh, toko olshop anda di lengkapi dengan informasi yang jelas mengenai produk yang di jual. Seperti kualitas barang, harga pasaran, asal pengambilan barang dan berbagai Info lainya yang di perlukan pelanggan anda.

Anda dapat menggunakan platform medsos "Instagram" sebagai media toko online anda. Fitur foto yang di identik dengan Instagram akan memanjakan pelanggan anda dengan konten atau foto produk-produk online yang anda posting dan tawarkan. Untuk lebih memaksimalkannya, gunakan lah kamera berkualitas baik ketika memfoto produk anda apabila hendak di Upload. Kualitas serta backgroung gambar yang terlihat bagus akan mampu menarik pelanggan online anda.

Selain itu, mengingat Toko online berperan sebagai etalase toko online anda di dunia nyata, alangkah baiknya jika anda mulai memperhatikan kualitas akun serta konten toko Online anda. Selain informasi produk, anda dapat melengkapi toko online anda dengan informasi katalog produk hingga kontak resmi anda. Dengan demikian, apabila pelanggan tertarik dengan produk online anda, pelanggan akan langsung menghubungi kontak anda yang tertera di toko Online tersebut.

Artikel terkait : Tips aman berbelanja secara Online

2. Ciptakan kesan berbelanja menyenangkan kepada pelanggan Online anda

Pelanggan pastinya tidak akan langsung percaya dengan bisnis Online anda. Terlebih pelanggan tersebut baru mengenal toko Online tersebut. Nah, dalam hal ini kita harus dapat bekerja ekstra agar menumbuhkan kepercayaan serta loyalitas merek berbelanja Online pada toko Online anda. 

Menciptakan kepercayaan konsumen/ pelanggan dapat dimulai dari membuat packing barang dengan rapi dan dengan tepat waktu. Kumpulkan testimonial dari pelanggan setia anda dan mengungkapkan kepuasaan pelanggan setia anda agar membuat pelanggan lainya "yakin" terhadap bisnis Online anda. 

Dan untuk menambah kepercayaan mereka, anda dapat membuat dokumentasi video produk di toko online anda. Dokumentasi video tersebut dapat berupa tampilan nyata produk/ barang yang dijual, video tutorial pembelian dan video terkaitlainya mengenai bisnis anda.
3. Promosi dan diskon produk

Seperti toko Offline, pelanggan Online juga akan tertarik dengan diskon /potongan harga pada produk anda. Semua pelanggan tentunya menyukai penawaran spesial, diskon, dan potongan harga. Mulailah untuk merancanakan dan membuat hal hebon terkait diskon dan penawaran spesial produk anda. Diskon dan penawaran spesial tersebut akan menarik perhatian pelanggan untuk berbelanja di toko Online anda. 

Saat melakukan promosi, jangan sampai mengabaikan ketentuan promo tersebut agar meminimalisir kesalah pahaman antara anda dengan pelanggan yang melihat promo "Heboh" tersebut.

Artikel terkait : 5 bentuk bisnis E-Commerce yang berkembang di Indonesia

4. Manfaatkan komunitas bisnis Online

Komunitas bisnis Online memberikan kemungkinan besar kesuksesan bisnis Online anda. Yang perlu di ingat "Komunitas Online" tidak hanya bermanfaat sebagai media promosi toko dan produk Online anda, tetapi juga akan mampu menambah pengetahuan akan tren produk yang sedang di gemari masyarakat. 

Misalkan ketika and mempunya bisnis kerajiann tangan online, dengan aktif berkontribusi di komunitaa Online anda mendapatkan kesempatan untuk mempelajari akan jenis kerajinan yang sedang di minati konsumen di luar sana. Sama halnya dengan produk usaha lainya. Tentunya trick ini mampu memberikan inspirasi serta Inovasi produk pada toko Online anda.

Artikel terkait : Cara memenangkan pemasaran Online

5. Jujur

Mungkin kedengaranya mudah bukan? Tetapi inilah terkadang menjadi penyebab anjlok nya bisnis online maupun Offline anda. Kejujuran atas produk usaha sangat di perlukan untuk membangun kepercayaan serta kepuasaan pelanggan Online.

Mulailah untuk berlaku jujur atas promosi produk dan informasi lainya. Dan juga "Foto" produk harus sesuai dengan barang asli yang di jual dan di kirim pada pelanggan. Dengan itu,pelangga anda akan merasa puas ketika berbelanja di Toko Online anda dan minta testimoni kepuasaan mereka. Testimoni tersebut akan mampu menyakinkan pelanggan lainya untuk berbelanja di toko Online anda.


Image via Google.com


Post a Comment

0 Comments