3 kerugian dan keuntungan karena terlalu sering Bukber "Buka Bersama"


Halo sahabat Semua!, bagaimana kabarnya? Semoga semuanya baik-baik saja. Nah, artikel singkat maxinroe kali ini akan membahas mengenai beberapa keuntungan serta kerugian karena terlalu sering mengadakan acara buka bersama di bulan Ramadhan atau akrab di sebut dengan istilah "Bukber".

Ya, Bukber "Buka Bersama" merupakan salah satu yang sangat identik di bulan Ramadhan. Bahkan even ini hanya ada dan sangat semarak di lakukan ketika berada di Bulan Puasa Ramadhan. Karena menyadari jika, apapun hal yang ada dunia ini bila di lakukan pasti ada yang namanya kerugian. Ya, begitu juga karena terlalu sering bukber.

Bukber biasanya di lakukan bersama teman, sahabat lama, sanak saudara bahkan dengan orang yang baru anda kenal juga dapat melakukan bukber ini. Tentunya tentunya dengan kepercayaan yang sejalan dan sedang dalam keadaan berpuasa. Lalu, apa saja... Kerugian karena terlalu sering mengadakan bukber?

Sttt, sebelum itu.. Penulis akan membahas terlebih dahulu keuntungan atas melakukan "Bukber" ini. Diantaranya:

1. Sebagai cara meluruskan tali silaturahmi

Pertama, keuntungan melakukan bukber ialah sebagai cara meluruskan atau dengan kata lain menjaga tali silaturahmi terutama untuk orang Muslim. Karena pada dasarnya "Bukber" di lakukan bersama temen lama, sahabat lama yang mana dengan mengadakan "Bukber", kita dapat meluruskan kembali tali silaturahmi kepada temen lama kita tersebut.

2. Jelajah kuliner Ramadhan

Kedua, keuntungan dengan mengadakan Bukber ialah kita dapat melakukan /menjelajah kuliner-kuliner spesial Ramadhan di berbagai tempat. Ya, atau dengan kata lain "Wisata Kuliner". Karena era sekarang, wisata tidak hanya berkaitan dengan liburan ke suatu tempat tetapi juga termasuk dengan "wisata" / meng-explore kuliner (Wisata Kuliner).

Dengan sering mengadakan bukber, maka kita akan semakin sering menjelajahi kuliner-kuliner Ramadhan diluar sana. Walaupun yang menjadi perhatian ialah "Budget" kita untuk meng-explore kuliner-kuliner tersebut. Kiranya jangan sampai terkesan "Boros". Tetapi, ini lah salah satu kelebihan karena sering mengadakan bukber (Buka Bersama).

3. Menghibur diri

Ketiga, dengan mengadakan acara "Bukber" bersama teman-teman, maka kita akan menghibur diri kita. Hal tersebut karena dengan membuat bukber, kita akan bercanda tawa yang mana canda tawa tersebut dapat memberikan hiburan tersendiri pada diri. Tidak salah jika saya katakan, Bukber juga memiliki keuntungan sebagai media menghibur diri.

Nah, diatas telah di jelaskan secara singkat bagaimana keuntungan yang di dapat dengan mengadakan acara bukber. Lalu, apakah kerugian dari terlalu sering mengadakan acara "Bukber"?, berikut penjelasanya:

1. Terlalu Boros

Pertama, jika terlalu sering mengadakan bukber, ada kaitanya dengan "Terlalu Boros". Bagaimana tidak, semakin sering kita mengadakan "Bukber" maka semakin banyak juga biaya yang kita habiskan. Ini lah alasan, mengapa "Bukber" memiliki kerugian "Terlalu Boros".

Mengatasi hal ini, ada baiknya melakukan "Bukber" dengan lebih tertata dengan palanning keuangan yang baik. Jangan sampai karena terlalu sering bukber membuat uang anda habis. Yang mana sebenarnya uang tersebut akan lebih berguna untuk di gunakan membeli segala macam keperluan lebaran nanti.

2. Meninggalkan sholat tarawih

Kurigan kedua akibat terlalu sering mengadakan bukber yaitu banyak sholat tarawih yang tertinggal atau dengan kata lain jadi kurang beribadah malam di bulan Ramadhan. Hal ini di sebabkan karena ketika acara "Bukber", kita menjadi terlalu asyik berbincang bersama teman, sahabat terkadang hingga melupakan Ibadah malam di bulan Ramadhan "Tarawih". Karena hasil pengamatan, 80% orang yang mengadakan acara bukber akan meninggalkan sholat tarawih nya karena keasyikan mengobrol.

Alhasil, Ibadah sholat Tarawih menjadi tidak maksimal. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya caranya sangat simple. Yang harus kita laukan ialah memberi batasan waktu acara "Bukber" tersebut. Atau melanjutkan kembali perbincangan tersebut setelah menjalankan ibadah sholat tarawih. Dengan ini, maka selain Nikmat melakukan bukber, ibadah juga terjaga.

3. Kebersamaan berbuka dengan keluarga yang kurang

Ketiga, kerugian yang di sebabkan karena terlalu sering Bukber ialah suasana berbuka dengan keluarga yang semakin mengurang. Ditambah apabila pekerjaan kita mengharuskan untuk sangat sedikit sekali waktu berkumpul bersama keluarga, maka dengan terlalu sering berbuka akan semakin mengurangi suasana berbuka bersama keluarga.

Di karenakan hal tersebut ada baiknya agar kita tidak terlalu sering menyelenggarakan acara Bukber bersama teman. Bukan tidak boleh melakukan bukber, tetapi saya harap kita semua bisa memilah dan membagi waktu sebaik mungkin agar ibadah kita di bulan ramadhan dapat lebih maksimal.







Post a Comment

0 Comments