Apa itu BitCoin - Mata uang virtual unik di Internet

Sistem jual beli melalui Internet dewasa ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tidak hanya menggunakan sistem transaksi online yang beragam, tetapi telah tercipta alat pembayaran baru (Uang digital unik)  yang di sebut BitCoin.

Bagaimana sejarah perkembangan BitCoin sebagai mata uang virtual unik? Berikut penjelasannya.  

Pengertian dan sejarah singkat uang digital unik (BitCoin)

Singkatnya BitCoin merupakan mata uang virtual yang dapat di gunakan untuk bertansaksi secara Online. Uang virtual ini juga kerap digunakan oleh beberapa pelaku E-Commerce di dunia.

Bentuk dari BitCoin bukan berbentuk fisik seperti mata uang secara umum yang di keluarkan oleh Bank di suatu negara. Melainkan BitCoin berbentuk File-File yang dapat di simpan di Komputer/ Flashdisk atau software yang di sebut BitCoin digital Wallet.

Mulai berkembang di tahun 2009, sebenarnya BitCoin mulai di ciptakan di tahun 2007 silam. Seorang ahli komputer bernama (Saroshi Nakamoto) merupakan orang di balik terciptanya uang virtual ini (BitCoin).

Ide awal di ciptakan BitCoin ialah ingin menciptakan dan mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang tidak terikat oleh pihak maupun otoritas apapun.

Nilai dan penyebaran mata uang digital (BitCoin)

Untuk penyebaranya (BitCoin) kini sudah menyebar hampir di seluruh penjuru dunia. Tetapi ada beberapa negara secara terang-terangan dan dengan tegas menolak masuknya penyebaran BitCoin sebagai uang untuk melakukan transaksi Online. Negara tersebut ialah China dan Singapura.

Pemerintahan China dan Singapura menentang penyebar luasan dan masuk nya BitCoin sebagai alat pembayaran uang virtual secara online di Negara. Beberapa alasan yang di sebutkan karena BitCoin di sinyalir tidak aman dan pemerintah takut jika transaksi online di negara tersebut dapat terganggu.

Berapa jumlah 1 BTC bila di kurs kan dengan nilai dollar? 

Nilai 1BTC di apresiasi $195. Nilai ini bila di kurskan kemata uang Dollar. Tetapi, nilai BitCoin akan terus mengalami perubahan sesuai dengan bertambahnya keberadaan jumlah BitCoin yang ada saat ini. 

Kabarnya hingga saat ini di perkirakan sudah terdapat 21 juta BitCoin yang mana bertambah menjadi 25 BitCoin / Menit di seluruh dunia.

Kekurangan serta kelebihan dari penggunaan BitCoin

Bila membahas kelebihan dari uang digital BitCoin ialah mempermudah pelaku bisnis untuk melakukan transaksi online dengan lebih simple dan cepat. 

Penggunaan BitCoin bersifat orang ke orang. Berarti hanya orang pemilik BitCoin yang dapat melakukan Transaksi secara pribadi. Dan juga tidak seperti transaksi uang lain yang kerap menyertakan alamat/ data pribadi, transaksi online BitCoin sama sekali tidak mensertakan data pribadi. 

Untuk kekurangan BitCoin ialah dengan berbentuk sebagai File memungkinkan terjadi kesalahan seperti kehilangan File, kerusakan data, terformat atau hal lain yang dapat menyebabkan File BitCoin tersebut hilang tidak di sengaja.

Tidak hanya itu, mengingat BitCoin tercipta dan dapat perkembang karena adanya kepercayaan dan kemauan dari penggunanya, tidak menutup kemungkinan suatu saat BitCoin tidak bernilai berapapun lagi. Hal tersebut mungkin di sebabkan karena sudah tidak ada yang tertarik untuk menggunakan uang virtual tersebut (BitCoin).

Post a Comment

1 Comments