20 Tips Menjadi Guru Idaman di Sekolah

Cara menjadi guru idaman - Selain membawakan pembelajaran dengan baik, guru di tuntut untuk memberikan kenyamanan untuk murid saat proses pembelajaran sedang berlangsung.

Dengan menciptakan suasana belajar yang baik, dapat membangkitkan gairah murid/siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Sehingga membuat peserta didik memaksimalkan pembelajaran di sekolah.

Bagaimana cara menciptakanan suasana belajar yang efektif 

Menurut bapak Prof Yohanes Surya (Bapak fisika Indonesia), ia menggunakan metode belajar GASING saat sedang mengajar.

Dan metode tersebut berhasil memberikan prestasi bagi murid-murid yang ia pernah bina hingga dapat unjuk gigi mengharumkan nama Indonesia di olimpiade Fisika dan matematika dunia.

Tercatat, anak didik Prof Yohanes Surya 
Telah berhasil mendapatkan 54 mendali emas, 33 mendali perak dan 43 mendali perunggu di olimpiade fisika tingkat Internasional.

Bagaimana metode gasing tersebut?

GASING merupakan singkatan dari kata Gampang, Asyik, dan Menyenangkan. Nyatanya dengan metode pembelajaran No Formulas (Tidak menggunakan rumus), murid-murid pak Prof Yohanes mampu mengerjakan soal-soal fisika tanpa coretan jalan pencarian yang panjang. 

#Gampang
Metode (Gampang) yang di maksud ialah memberikan penjelasan sederhana mungkin bagi peserta didik untuk memahami pelajaran. 

Berikan jalan singkat dan mudah dalam memecahkan suatu soal tentunya dengan jawaban yang benar.

#Asyik
Buatlah metode pembelajaran yang terasa asyik bagi peserta didik. Dengan itu maka peserta didik akan sangat tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan mereka akan semakin mudah memahami materi pembelajaran yang di bawakan.

#Menyenangkan
Metode pembelajaran (Menyenangkan) yang di maksud ialah menciptakan suasana belajar seru dan menyenangkan. Atau dengan cara yang lebih komunikatif dan attractive. 

Dengan cara ini peserta didik akan mampu meng-ekpresikan pelajaran yang di bawakan oleh gurunya. Bahkan, dengan membuat susana belajar yang lebih menyenangkan, akan membuat peserta didik mudah untuk menyerap materi pembelajaran yang guru ajarkan.

20 Tips menjadi salah satu guru idaman di sekolah

 1. Learning conditioning 
(meminta diam untuk mengingatkan, menyeru secara langsung dan perintah untuk menyimak dan diam dengan cara tidak langsung)

 2. Active interaction 

(interaksi pendengaran, teknik berbicara, tidak bertele-tele pada ucapan dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi, diam sebentar ditengah-tengah penjelasan, Interaksi pandangan, eye contact dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah, tersenyum)

3. Applied-learning

(Metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan yang dilakukan oleh siswa)

4. Scanning and levelling

(memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya)

5. Discussion and feed-back

(Metode yang logis dalam memberikan jawaban dan membuat contoh sederhana yang mudah dipahami)

6. Story telling (bercerita)

7. Analogy and case study

(memberikan perumpamaan dan studi kasus nyata di sekitar kehidupan)

 8. Teaching and Motivating

(meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan yang tinggi)

9. Body language 

(membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih pasti dan jelas, menarik perhatian pendengar dan membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran, mempersingkat waktu)

10.Picture and graph technology

(Penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan);

11. Reasoning and argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan berat agar dipahami oleh siswa)

12. Self reflection

(memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran)

13. Affirmation and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama)


14. Focus and point basis

(Menggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa)

15. Question and answer method

(teknik bertanya untuk menarik perhatian pendengar dan membuat pendengar siap terhadap apa yang akan disampaikan kepadanya)

16. Guessing with question

(penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar keingintahuan)

17. Encouraging student to ask

(guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berani mengajukan pertanyaan, bertanya dapat menghapus kebodohan serta memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara penyampaian pelajarannya)

18. Wisdom in answering question

(menyikapi orang-orang yang mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuannya, menyikapi si penyanya dengan sikap yang bermanfaat baginya)

19. Commenting on student question (memberikan komentar terhadap jawaban siswa)


20. Honesty

(Seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. ucapan 'aku tidak tahu adalah bagian dari ilmu')

Post a Comment

0 Comments