Maxinroe - 3 Prinsip Jualan Laris di Facebook (Media Sosial)
Era digital tampaknya memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat. Tidak hanya berkaitan dengan semakin canggihnya teknologi di ciptakan, melainkan teknologi tersebut sangat mempermudah segala urusan atau keperluan masyarakat. Baik dari di rilisnya handphone seluler dengan aspek canggih, semaraknya toko online (E-Commerce) seperti Shopie, Lazada, Buka Lapak dan banyak lagi jenis E-Commerce lainnya. Berkembangnya era digital disadari telah memberikan dampak positif dan negatif.
Dampak positive tentunya semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan pembelian produk, penggunaan aspek handphone seluler yang nyatanya dapat menggantikan peran laptop, dan keuntungan lain di sebabkan semakin berkembangnya teknologi. Dampak negatifnya banyak orang lebih memilih belanja secara online ketimbang belanja secara langsung.
Banyaknya toko online merupakan salah satu dampak perkembangan teknologi yang menarik untuk di bahas. Nyatanya dengan hanya mengunjungi website, ketik dan search, pilih barang, transaksi, lalu anda hanya menunggu dirumah hingga barang tersebut tiba dirumah anda. Kurang enak apalaga cobakkk, wkwkwkwk
Selain E-commerce seperti Shopie, Lazada, Buka lapak, banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk berjualan dan membuka toko online. Di samping transaksi bisa di lakukan secara pribadi, membuka toko online di media sosial tidak dikenakan tarif sewa toko atau jenis royalti lainnya. Kecuali kalau anda punya uang banyak, anda bisa transfer ke rekening Mr Marck Zuckerberg.. wkwkwkwkwkwwk
Nah, membuka toko online di media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga jenis media sosial lain dapat meningkatkan pendapatan anda. Bagaimana tidak, dengan menjual barang atau produk yang di butuhkan, diperlukan dan dicari banyak orang melalui media sosial masyarakat akan dengan mudah mengetahui keberadaan produk anda. Ya memang harus punya banyak followers, Kalau gak punya kan bisa beli followers.. wkwkwk. Karena semakin banyak teman atau follower maka semakin luas pula produk anda akan dipromosikan.
Lalu banyak yang bertanya mengenai langkah sukses berjualan di media sosial. Kali ini Maxinroe ingin share 3 prinsip penting yang harus anda pahami agar jualan laris di media sosial. Berikut Penjelasannya.
3 Prinsip Penting Jualan Laris di Media Sosial
1. Tanpa Interaksi, Tak Akan Ada Transaksi
Ya, Prinsip pertama ialah interaksi demi transaksi. Sering kiranya penjual di media sosial ingin mendapatkan transaksi tetapi tidak melakukan interaksi apapun. Sebagian besar toko online di media sosial hanya berisi promosi, promosi dan promosi. Kebanyakan promosi juga bakalan di kira Spam bagi Follower atau teman anda di media sosial.
Lalu bagaimana cara mengatasinya?, Gampang pakai rumus ini "If you want to get something, you have to give something". Jadi, kalau anda ingin teman-teman anda di media sosial melakukan transaksi dengan anda, anda harus care, perduli dan mengerti perasaan konsumen. Sering sering like, coment and subscribe (Asshhhiiaappp) Kok jadi Atta WKWKWK. di media sosial punya teman anda, mereka bakalan merasa di perhatikan. So, kalau mau jualan laku, harus PDKT terlebih dahulu.
2. Semakin Bagus Relasinya, Semakin Bagus Konversinya
Perinsip kedua ialah bagus relasi maka bagus konversi. Kalau hubungan anda dengan teman-teman dii media sosial bagus, Insya Allah konversinya juga akan tinggi. Konversi adalah efek dari bagusnya relasi. kenapa orang rela membeli produk sejenis dengan anda, bukan dari pesaing anda?, Karena mereka nyaman dengan anda. Untuk membuat mereka mau membeli di toko anda, mestinya mereka telah mempercayai dan suka dengan anda sebagai penjualnya. Karena dari suka, timbul cinta dan bertransaksi atau mau melanjutkan ke jenjang pernikahan.. wkwkwkwkwk
3. Sharing-Sharing Dahulu, Selling-Selling Kemudian
Prinsip trakhir adalah sharing dahulu,, selling kemudian. Apa yang dimaksud shering dahulu, selling kemudia. Ya benar, share dahulu pentingnya atau nilai positive apa pada produk yang anda jual, lalu selling (Menjual) kemudian. Jadi, anda harus banyak sharing terlebih dahulu segala nilai positif pada produk yang anda tawarkan untuk masyrakat, edukasi mereka, sampai mereka benar-benar yakin (aware) akan pentingnya produk anda.
ada beberapa hal yang menjadi tugas anda :
>Orang tahu siapa anda
>Orang tahu anda menjual apa
>Orang percaya kepada anda karena anda punya nilai positif
>Orang puas dengan konten-konten anda
>Orang bertransaksi dengan anda
>Orang merekomendasikan anda ke orang lain
Nah sudah jelas, 3 prinsip yang harus anda gunakan sebagai pemain bisnis dengan membuka toko online di media sosial. Tetap lakukan fungsi utama media sosial, sebagai sarana menambah teman. Meskipun anda menggunakan media sosial sebagai sarana berjualan, tetap saja media sosial ada sarana memperluas relasi dan pertemanan. Jadi, mulai sekarang ubah mindset anda dengan memperhatikan 3 prinsip di atas. "Interaksi untuk membangun Relasi, Relasi akan menghasilkan Transaksi"
0 Comments