Mengungkap kisah unik dari nama brand ternama dunia

                Image credit from kreativa.co.id 


Membahas mengenai merek/brand sebuah produk atau perusahaan besar dunia memang sangat menarik. Tak jarang terdapat kisah unik dari proses terciptanya brand tersebut. Anda tahu apa itu brand? Brand atau dengan kata lain “merek” merupakan signature “tanda” dari sebuah bisnis atau produk yang biasanya tanda tersebut berbentuk logo maupun tulisan. 

Merek/brand juga dapat dikatakan sebagai tolak ukur popular nya suatu produk atau perusahaan. Penggunaan nama brand yang unik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu perusahaan. Sebut saja coffee store terkenal di Jakarta yang bernama “starbuck coffee” berlebelkan seorang dewi cantik yang nyatanya logo tersebut terlihat simple, tetapi akibat keunikanya brand tersebut dapat membawa nama starbuck melejit dan sukses seperti sekarang, meskipun tak terlepas dari jerih payah 0wner dan developer starbuck sendiri.

Membahas mengenai kisah terciptanya sebuah brand memang sangat menarik, tak jarang kisah tersebut terdengar sangat unik. Faktanya , ada beberapa perusahaan besar dunia yang memiliki kisah unik dalam proses pembuatan brand perusahaan mereka. Berikut Ulasanya:


1.SHARP
From google's image


Kisah penciptaan brand yang unik di buka dengan sebuah brand yang sudah lama melintang di rana teknologi elektronik “SHARP” merupakan merek/nama brand nya. Sebagai salah satu perusahaan elektronik, membuat nama SHARP begitu sangat familiar. Dalam bahasa indonesia sharp berarti Tajam, Tajam merupakan kat sifat yang menggambarkan suatu hal yang dapat melukai atau memotong Sesuatu, tapi faktanya sharp merupakan nama perusahaan elektronik bukan perusahaan mengenai pembuatan pisau, gunting dan alat-alat tajam lainya. Sudah bisa di lihat bukan keunikanya?

Dahulunya sharp merupakan sebuah brand dari perusahaan produsen pinsil mekanik yang dimiliki oleh pria jepang yang bernama Hayakawa Tokuji. Tahukah Anda gempa besar yang melanda kanto ‘jepang’ pada tahun 1923? Kabarnya, di sebabkan oleh gempa tersebut perusahaan sharp yang kala itu memperoduksi pinsil mengalami kerusakan, sehingga tokuji memutuskan untuk menjual pabriknya demi membayar hutang-hutang yang ia miliki. Tetapi tokuji tetap berkeinginan untuk meneruskan pabrik pinsil nya tersebut, sehingga ia berhasil kembali membangun pabrik pinsil baru dengan mengusung nama brand yang sama “sharp”, tetapi kabarnya berjalan setahun pabrik pinsil tersebut malah beralih membuat radio. 

Mungkin karena hal tersebut orang-orang banyak yang mengira jika sharp ialah perusahaan pembuat RADIO “elektronik”. Dan hal tersebut telah menjalar sampai sekarang, yang mana perusahaan tesebut hanya mem-produksi radio menjadi brand yang terkenal dengan berbagai macam alat-alat elektronik seperti Televisi, kulkas, mesin cuci dan masih banyak lagi.


2. NOKIA
From google's image


Siapa yang tidak mengenal merek handphone yang satu ini. Sebagai salah satu merek ternama di dunia, membuat sangat menarik untuk mengulik kisah unik dari brand yang satu ini. Nokia sendiri merupakan sebuah brand dari sebuah perusahaan ponsel yang sangat ternama beberapa tahun silam, sebelum meluncurnya pesaing-pesaing yang menggunakan teknologi yang lebih di patenkan (Android).

Dahulunya NOKIA bukan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik melainkan sebuah pabrik memproduksi kertas yang dimiliki oleh seorang pria kebangsaan finlandia yang bernama Fredrik Idestam pada tahun 1865. Pada kala itu pabrik yang di jalankan nya sukses dengan produksi kertas nya, sehingga membuat Fredic ingin membuat perusahaan keduanya dengan label/merek yang sama ‘NOKIA’ tetapi pabrik itu memperoduksi produk yang berbeda. Produknya berupa karet dan juga alat-alat elektronik seperti generator, kabel dan lainya.

Dari perusahaan yang kedua miliki Fredic Idestam tersebut perusahaan nokia menjelma yang sekarang dikenal sebagai perusahaan ponsel ternama.


3.VOLKSWAGEN
Image credit from carbrands


Brand berikutnya berasal dari rana otomotif “volkswgen”. Volkswagen merupakan sebuah brand perusahaan yang berada pada industri otomotif yang memproduksi mobil yang bernama VOLKSWAGEN. Apabila kita meninjau kata VOLKSWAGEN, voklswagen berasal dari bahasa jerman yang apabila di artikan ke bahasa Indonesia ialah “mobil rakyat”. Merek Volkswagen mulai tenar dimasa pemerintahan jerman yang dikuasasi oleh perserikatan NAZI.

Pada masa itu mobil merupakan kendaraan yang hanya dimiliki oleh kaum-kaum elit. Maka dari itu adolf hitler merupakan seseorang yang berjasa pada perkembangan Volkswagen pertama di kala itu. Ia menyetuskan untuk membuat kendaraan yang mana di kala itu kendaraan mobil hanya dimiliki oleh kaum elit agar dapat di gunkan oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat pada masa itu.

Dan pada akhirnya terluncurkan produk kendaraan Volkswagen pertama yang di beri nama “Kraft durch freude” yang disingkat KDF. Proses pembuatanya bukan mudah, mengingat pada masa itu banyak perusahaan jerman yang tidak kompetibel dengan rancanan ini. Tetapi pemerintahan jerman pada masa itu sangat memberikan kontribusinya, pimpinan tertinggi Nazi berupaya untuk mencari perusahaan-perusahaan yang dapat merealisasikan rancangan tersebut. dan pada akhirnya mobil Volkswagen pertama dapat terselesaikan.


4. ASUS
From google's image


Berikutnya sebuah brand dari perusahaan teknologi (ASUS). Jika kita mendengar kata ASUS pasti yang ada dibenak kita ialah perangkat laptop. Memang pada dasarnya asus merupakan salah satu merek laptop ternama di dunia. Tapi tahukah anda jika awal kisah pemberian nama ‘’ASUS” dapat dikatakan lumayan unik.

Pada dasarny kata ASUS berasal dari kata “Pegasus”. Menurut mitilogi yunani Pegasus merupakan sebuah hewan yang melambangkan kekuatan, tangguh, berani dan berjiwa petualang. Tetapi bukan tanpa alasan pemilik perusahaan memakai nama ASUS bukan memakai nama yang sebelumnya di maksudkan (Pegasus). Menurut pendiri Asus, Jika mereka mengambil kata ASUS kata tersebut berpotensial berada pada daftar tertinggi dari perusahaan yang mana pertimbangan tersebut berdasarkan Rumus  alphabetic. Hal sederhana yang dapat menjadikan alasan.


5.BLUETOOTH
           Source image from TNT Audio


Yang terakhir ialah brand dari sebuah produk teknologi Nirkabel “Bluetooth”. Alat ini sangat tidak asing bagi para pengguna alat komunikasi seluler. Bluetooth sendiri berfungsi sebagai alat untuk melakukan pengiriman file dari perangkat yang satu ke perangkat lainya. Tidak disangka nama Bluetooth sendiri terlahir dari kisah yang lumayan unik. Yang mana kisah tersebut bermula di masa kerjaan denmark harald blatand pada abad ke-10.

Dahulu kala Harald Blatand dijuluki dengan nama Harald Bluetooth mengapa demikian? kala itu gigi harald blatand berwarna kebiruan sehingga dijuluki dengan nama Harald BLUE TOOTH. Kisah yang lumayan unik bukan. Menurut informasi harald Blatand/kerap di sapa dengan nama harald Bluetooth memiliki kemampuan mempersatukan beberapa kerajaan yang sedang memilki konflik serta peperangan.

Kemampuan nya tersebut sering dikaitkan mirip dengan kemampuan dari Bluetooth sendiri sebagai media penghubung. Dan mengenai logo dari Bluetooth sendiri, kabarnya logo tersebut merupakan perpaduan dari nama harald blatand yang disingkat “H B” dan logo Bluetooth sekarang ini merupakan tulisan romawi dari kedua huruf tersebut yang di gabungkan.

Post a Comment

0 Comments