BLOGGER ATAU VLOGGER? YANG MANA LEBIH MENGUNTUNGKAN?


Hai sobat Maxinroe. Kembali lagi di blog sederhana ini. Kali ini maxinroe akan kemukakan pendapat mengenai pertanyaan yang kerap di lontarkan oleh banyak orang yang tertarik untuk berpenghasilan secara online.


Membahas berpenghasilan secara online selain dengan berbisnis online "Menjual produk", cara lain yang sangat di gemari untuk menghasilkan uang secara online ialah dengan memulai ngeblog "Bagi yang suka menulis" ataupun nge-Vlog "Bagi yang suka membuat video".


Sampai di sini, apakah pembaca mulai memahami maksud dari pembahasan kali ini?, ya.. Kerap terpikir di benak kita semua bagusan Nge-Blog atau Nge-Vlog ya? Mana penghasilan nya yang lebih besar?.


Apakah pembaca sudah tau apa jawabanya? Atau masih cari-cari?, nah, admin mau memberi pendapat mengenai pertanyaan tersebut.


Lebih bagus mana nge-blog atau nge-vlog?


Sebelumnya admin mau bertanya "Apakah anda suka menulis atau membuat video?". Hayo, atau barengkali gak suka kedua-duanya. :D


Allright, kalau ada pertanyaan lebih bagus mana nge-vlog apa nge-blog? Itu tergantung kalian, setiap orang pastinya memiliki passion "Keahlian" dan juga ketertarikan yang berbeda beda bukan?. Nah, ini lah yang menjadi alasan kenapa jawabanya tergantung pada kalian.


Bagaimana cara menjawabnya?


1. Pahami passion yang dimiliki


Pertama, sebelum memilih antara nge-blog atau nge-vlog, anda harus memahami Capability "Kamampuan" yang anda miliki. Atau juga bisa dengan memahami passion "Minat" anda kepada nge-blog atau nge-vlog.


Di antara kedua itu, yang mana yang anda paling kuasai dan yang anda siap lakukan dengan sudah menyediakan fasilitas yang di perlukan untuk memulainya. Bila, anda kurang paham dengan pembuatan video, berarti menandakan anda untuk belajar dahulu sebelum memulai nge-vlog.


Tetapi, bila kemampuan anda lebih dominan dengan menulis. Nah, nge-blog merupakan pilihan mencari uang secara online yang anda dapat pertimbangkan.


2. Fasilitas


Kedua, untuk memilih yang mana yang cocok untuk anda. Selain mengenai capability (kemampuan), anda juga harus mempertimbangkan modal/ biaya yang akan habis ketika memulai nge-blog atau nge-vlog.


Kalau ngeblog, minimal anda punya smartphone ataupun Komputer/Pc/ Tablet dan sejenisnya, dan juga anda paatinya memerlukan koneksi internet dapat berbentuk Modem atau kuota paket internet kartu seluler.


Sedangakan nge-vlog, anda membutuhkan perangkat seperti Handicam untuk mengambil video, ponsel dengan kamera jernih, alat pembesar suara, lighting "Penerangan", komputer untuk mengedit video, serta hal-hal lain yang di perlukan untuk membuat Vlog "Video Blog".


Anda bisa sih ngevlog hanya dengan bermodalkan gadget smartphone dan koneksi internet. Tetapi, kualitas video yang anda buat akan jauh dari kata professional. Karena untuk membuat video berkualitas tidak semata hanya memiliki gadget yang bisa di gunakan untuk merekam video tetapi lebih dari pada itu., video yang bagus akan melewati beberapa tahapan lainnya seperti editting, cutting, adding, dan tahapan lainnya.


Dengan ini pakah anda sudah memahami, apakah anda dapat menyediakan fasilitas yang ada untuk Nge-blog atau untuk Nge-vlog?, jawabanya ada pada diri anda sendiri.


3. Minat Pembaca/Penonton


Ini perlu anda pertimbangkan. Lebih besar mana minat netizen untuk menonton sebuah video unik atau membaca sebuah artikel menarik?. Era digital seperti sekarang, pengguna internet lebih tertarik dengan tontonan. Setuju atau tidak?, ok kita renungkan sejenak. Kita ambil contoh anak sekolah. Lebih banyak mana anak sekolah yang menghabiskan waktu luang untuk membaca atau menonton TV atau Video dengan berselancar di sosial media?.


Jawabanya "Menonton". Orang-orang lebih tertarik dengan hal menghibur pada sebuah tontonan. Baik film, bioskop, dan juga menjelajah Youtube untuk melihat Video di sana.


Memang, menonton merupakan aktifitas yang lebih seru di bandingkan membaca. Anak-anak jaman sekarang saja sangat sulit untuk di suruh membuka buku dan di perintahkan untuk  membaca buku, tetapi ketika di suruh menghidupkan televisi dan di suruh menonton siaran televisi, Mereka akan dengan sigap melakukan nya.


Nah, apakah anda sudah paham?. Memulai nge-blog atau nge-vlog?


Lebih menghasillan yang mana Nge-Blog atau Nge-Vlog?




Pertanyaan berikutnya "Lebih menghasilkan yang mana? Nge-Blog atau Nge-Vlog?". Antara ngeblog sama nge-vlog sama sama bisa menghasilkan uang. Tetapi besaran penghasilan mana ngeblog apa ngevlog?


Baiklah, penghasilan blogger maupun blogger ialah berasal dari iklan yang termonetis "Terhubung" pada channel youtube ataupun situs blog. Nah, seperti yang kita ketahui Perusahaan publisher iklan yang di buru youtuber maupun blogger yaitu Google Adsense. Google adsense merupakan perusahaan iklan yang dikembangkan bersama dengan perusahaan Google Inc. Banyak sekali blogger maupun youtuber yang berusaha keras agar bisa menjadi publisher iklan Adsense. Dengan memiliki iklan di blog maupun channel youtube, maka bersiaplah untuk mendapat dolar dari sana.


Penghasilan adsense mana yang lebih besar, Adsense Youtube atau Adsense Blogger? Menurut saya keduanya sama sama besar. Itu tergantung seberapa banyak pembaca mengklik iklan di blog anda, atau menonton iklan di Vlog anda.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi penghasilan adsense di youtube dan blog


1. Masalah keyword


Membuat keyword di vlog tidak sesulit menulis keyword untuk blog. Pada blog, yang potensial muncul di page one search engine google ialah artikel yang di anggap bagus dan tidak jarang umur artikel tersebut sudah lama. 


Tetapi untuk vlog youtube. Dapat lebih mudah menulis keyword. Karena pada Vlog yang terpenting ialah content video yang di upload di Youtube. Buat aja keyword yang biasa saja plus desripsinya tidak usah pakai edit-edit Htm dan segenap cara SEO master lain. :D


Yang penting video yang di upload menarik, unik hingga public yang melihat ngelike dan menshare video itu agar lebih di lihat banyak netizen. Sehingga viewer vlog itu bertambah banyak dan penghasilan pun semakin berlimpah.


2. Jumlah kunjungan


Ini yang menjadi dilema. Pernah lihat vlog yang memiliki viewer hingga ratusan ribu bahkan jutaan / Video?, Wow, amazing bukan hanya satu vido lalu bagaimana dengan artikel? Apakah sebanyak itu?


Satu artikel saja dengan persaingan begitu ketat di page one google membuat sulit sekali mandapat view secara organik. Karena ketika seseorang menulis suatu keyword di search engine google, situs yang tampil 5 teratas atas sangat berpotensi besar di pilih pengunjung organik tersebut. Lalu bagaimana dengan ribuan situs lainnya? Baik website TLD atau gratisan dari Blogger. 


Karena itu, saya kira nge-vlog lebih menjanjikan ketimbang nge-blog. Bila melihat dari sudut pandang kunjungan per konten nya. Tetapi, jika memang kualitas konten yang ada pada website anda sangat menarik dan bagus, bukan tidak mungkin ribuan pengunjung membaca artikel tersebut per harinya. 


3. Artikel VS Video


Apakah anda pernah mencari suatu referensi di youtube dan blog?, penjelasan di mana yang lebih mudah anda pahami? 


Sama halnya dengan belajar di kelas. Ketika guru mencatat materi pembelajaran mulai dari definisi hingga contoh, murid akan minta penjelasan guru agar lebih mudah memahami materi pembelajaran tersebut.


Nah, anggap saja materi yang guru tersebut tulis di papan tulis seperti "Konten artikel Blog", dan sewaktu guru menjelaskan materi tersebut dengan ucapan dan gerakan kita anggap seperti "Konten Video Youtube". Maka jawabanya, konten video yang lebih mudah di pahami ketimbang tulisan. 


4. Search Engine Google Vs Search Engine Youtube


Baik Google dan Youtube memiliki mesin pencarian "Search Engine". Search engine di pergunakan agar mempermudah pemakai Youtube dan Google untuk sesuatu yang di butuhkan. Dengan ada banyaknya konten berbagai topic, membuat search engine ini sangat di butuhkan untuk visitor agar mudah menulusuri konten-konten di dalamnya (Google & Youtube).


Kelebihan mesin pencarian Youtube yaitu adanya penelusuran tranding video. Apakah hal serupa ada pada blog? Di search engine Google?. Ya, ada juga... Tetapi bedanya tranding di search engine google yaitu artikel di page one. Beda halnya dengan Youtube, Video yang tranding berdasarkan jumlah views pada sebuah video yang sedang viral. 


Tentunya tidak semua video dapat menjadi top tranding 10 di Youtube. Hanya Video unik dan menarik saja yang berkemungkinan besar mendapat tranding video di Youtube.

5. Format iklan adsense


Berikutnya besarnya penghasilan blog dengan vlog dapat dilihat dari perbedaan jenis iklan yang di tayangkan apada kedua nya. Perbedaan format ini sangat mempengaruhi ketertarikan pengunjung untuk mengklik iklan yang di tayangkan. 


Seperti yang kita ketahui, pada blog format iklan ialah JPG, PNG atau format iklan berbentuk gambar. Sedangkan pada youtube, format iklan juga berbentuk Video. Seperti isi/ konten youtube, iklan yang di tampilkan di Vlog juga berbentuk Video. 


Hal ini mempengaruhi ketertarikan pengunjung. Bagaimana pun konten video lebih menarik di banding konten gambar saja. Karena, video lebih dapat menghibur di banding hanya dengan melihat gambar saja. 


6. Penempatan Iklan


Berikutnya yang mempengaruhi penghasilan adsense ialah penempatan iklan yang di tayangkan. Saya kira penempatan iklan di youtube lebih strategis. Dengan berformat video, dan di tayangkan di awal video membuat iklan pada video youtube lebih hidup dan menarik. Sehingga dapat membuat pengunjung lebih excited terhadap iklan yang tertayang tersebut.


Bagaimana dengan blog?, meskipun iklan di blog tidak berbentuk video seperti di youtube, tetapi iklan di youtube juga menarik. Selain berbentuk gambar/ foto, iklan adsense di blog juga menampilkan gambar jenis bergerak atau yang di kenal dengan gambar berformat PNG. 


Kesimpulan


Dengan berbagai penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan jika baik Vlog di Youtube dan Juga Blog di Google sama-sama dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan. Banyak kok Blogger dan juga Youtuber berpenghasilan puluhan juta/bulan nya. Hal ini membuktikan jika nge-blog maupun nge-vlog memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan. 


Lalu penghasilan mana yang lebih menjanjikan? Jawabannya ada pada diri sahabat sendiri. Bagaimana kemampuan yang sahabat miliki untuk membuat video unik ataupun membuat artikel menarik. Sesuaikan kemampuan dan keahlian sahabat. Keduanya dapat menghasilkan pendapatan yang sama besar nya. Yang terpenting konten menarik bagaimana yang dapat anda ciptakan sehingga pengunjung dari google maupun Youtube suka dengan blog dan juga channel youtube sahabat semua.


Selamat berjuang sahabat! 


"Menjadi publisher iklan membutuhkan jaringan yang luas, upayakan mencari ketertarikan pengunjung untuk menikmati konten yang anda publikasikan. Semakin banyak pengunjung yang datang, semakin besar peluang untuk berpenghasilan besar."






Post a Comment

9 Comments

  1. Gue dua2 nya gan . semuanya belum mendapatkan persetujuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat dan optimis gan,Pasti nanti keterima.

      Delete
  2. Klau aku lbih ska nge-vlog, soalnya tidak berbakat menulis... :D

    ReplyDelete
  3. Bismilah.. siappp terjunnnn bosss
    Hihii

    ReplyDelete
  4. Blogg ku sdang di rviuw. mudah"an dsetjui

    ReplyDelete
  5. Pingin jadi dua-duanya. Tapi untuk pertama, lagi merintis jadi blogger dulu. Modalnya lebih dikit :D

    ReplyDelete
  6. Sy lg ngebangun website sama channel YouTube nih,,mohon doanya om,,

    ReplyDelete