Cara agar site link blog tertampil di mesin pencarian Google


Cara mudah agar site link blog tertampil di mesin pencarian google. Blog yang memiliki site link di mesin pencarian google mungkin akan lebih terlihat OK bukan? :D, Blog pastinya akan terlihat lebih profesional. Tapi membuat site link blog bagi para blogger newbie menjadi sebuah hal yang di pertanyakan.

Lalu, bagaimana cara agar site link blog tertampil di search engine google?, maka jawaban nya sangatlah sederhana, hal pertama yang harus anda lakukan ialah pastikan blog anda sudah terindex di search engine Google.

Setelah blog sudah terhubung dengan search engine google, maka langkah selanjutnya ialah mengajukan permintaan INDEX artikel melalui Google Webmaster. Langkah ini sangat-sangat membantu agar blog dan artikel anda mudah untuk di telusuri di mesin pencarian google dan yang terpenting site link blog anda akan tertampil di search engine Google.

Sebelumnya, apakah anda sudah tau artie dari kata site Link sendiri?, sesuai katanya "Site" berarti "Akun Website" dan "Link" atau dengan kata lain "Tautan yang akan menuju ke sebuah artikel/ website tertentu.

Maka dari itu, site link yang tertampil di search engine google berarti link artikel di blog telah sepenuhnya terindex di mesin penelusuran google dan mesin pencari akan menampilkan beberapa link artikel blog di keterangan situs web di mesin pencarian goolge.

Seperti blog ini "Maxinroe", beberapa minggu lalu, Maxinroe berhasil mendapatkan site link dari Google, ini merupakan hal yang membahagiakan :D..

Hal ini membuat website ini terlihat lebih profesional. :D dan pastinya penulis menjadi lebih semangat untuk menulis artikel lagi.  :D

Lalu bagaimana cara mengindex blog di search engine google?, berikut langkah-langkahnya.

1. Kunjungi Google Webmaster

2. Akan ada tampilan seperti berikut, lalu tekan SEARCH CONSOLE




3. Setelah masuk, pastikan web anda sudah terlihat di kelola properti. Jika belum, masukan situs web yang ingin anda index. Lihat screen shoot berikut.

Jika blog anda belum di kaitkan dengan Google webmaster, silahkan masukan link blog anda di menu TAMBAHKAN PROPERTI.

Setelah masuk di menu TAMBAHKAN PROPERTI, silahkan ikutin langkah-langkah nya.

Blog yang sudah terverifikasi dengan google webmaster maka blog anda akan tertampil di menu kelola properti seperti gambar di atas. Lalu, langkah selanjutnya ialah mengirimkan pengajuan INDEX artikel melalui Webmaster google tools. 

1. Kelik Link blog anda di menu kelola properti

2. Maka anda akan langsung menuju DASBOR webmaster tools. Setelah masuk di menu DASBOR, klik menu PERAYAPAN lalu AMBIL SEBAGAI GOOGLE. Lihat contoh gambar di bawah.



3. Lalu langkah berikutnya, copy Link artikel yang anda ingin index di kolom kosong di sebelah alamat web anda. Potong link artikel hingga tanggal post artikel. Lihat contoh gambar berikut. 


Pilih melalui platform apa artikel anda di Index, ada 2 pilihan ponsel/ SmartPhone atau desktop. Kalau boleh memberi saran sih saya lebih sering mengindex artikel melalui platform Smartphone. Alasan nya sih karna sekarang user lebih banyak nge-browsing menggunakan smartphone ketimbang dari tampilan desktop/ komputer. :D

4. Setelah semua di selesaikan, lalu tekan menu AMBIL.

5. Langkah selanjutnya, minta pengindex-an di jalur link seperti gambar di atas. Setelah itu, maka akan ada pemeriksaan no-Robot lalu anda tinggal melakukan langkah-langkah selanjutnya. Dan tidak lsma lagi blog anda akan memiliki site Link di mesin pencarian Google . seperti gambar berikut.


Semoga artikel singkat ini bermanfaat, selamat mencoba :)



Post a Comment

8 Comments