CARA MENGATASI "TIDAK DAPAT MENYIMPAN MENU PENGHASILAN" PADA MENU PENGHASILAN ADSENSE BLOGGER

Baiklah sahabat Blogger, pembahasan maxinroe kali ini membahas mengenai pengaturan setting iklan adsense yang tidak dapat di simpan, tetapi pada menu penghasilan tertera setting penempatan iklan. Tetapi ketika di SAVE, tidak bisa tersimpan malahan tertulis "Tidak dapat menyimpan menu penghasilan" atau dalam bahasa inggris nya (Couldn't save earning setting).

Kejadian ini pernah saya alami sewaktu mendaftar adsense, kala itu saya di bingungkan dengan setting iklan adsense yang tidak dapat tersimpan di menu penghasilan.


Karena masih newbie, saya sangat kebingungan. Tanya sana-sini masih belum mendapat jawaban yang bisa mengatasi masalah ini.


Bahkan berulang kali saya cari masalah ini di google, tetapi masih belum bisa teratasi juga. Di saat itu, saya mulai merasa patah semangat untuk menulis artikel. Mengingat memang susah mendaftar adsense.




Saat saya cari di Google, di salah satu situs web yang berada di page one Google berisi pembahasan bagaimana cara mengatasi kesalahan penyimpanan tata letak iklan yang tidak dapat tersimpan.


Singkat pembahasan, pada artikel di blog tersebut di tuliskan cara mengatasi menu penyimpanan setting iklan adsense di menu penghasilan ini ialah dengan mengirim permintaan lamaran adsense ulang, dengan akun Gmail yang sama. Tetapi, kita di haruskan untuk merubah terlebih dahulu bahasa di dashboard blogger menjadi berbahasa Inggris.


Sempat menerapkan cara tersebut


Karena sudah sangat kebingungan, membuat saya mengikuti langkah-langkah yang di jelaskan pada artikel tersebut, langkah-langkah tersebut seperti:


1. Merubah bahasa blogger menjadi bahasa inggris

2. Mengirim akun adsense baru (Switch Adsense Account)
3. Memilih creat or use another account
4. Sign ke Gmail yang ingin di daftarkan
5. Memasukan sandi dan sign in
6. Lalu, kirim permintaan pergantian akun adsense tersebut.
7. Masalah sudah dapat terselesaikan

Tapi, semua langkah-langkah tersebut sudah saya terapkan bahkan hingga berkali-kali, tapi tidak kunjung mendapat perbaikan.


Lalu, sebenarnya kenapa tidak dapat menyimpan menu penghasilan "Couldn't save adsense earnings setting"


#Peninjauan tahap kedua tidak lolos, ajukan permintaan lamaran lagi


Jangan khawatir sahabat blogger, menu setting tata letak iklan adsense di menu penghasilan di sebabkan karena website/ blog masih dalam review/ peninjauan tahap 2.


Permasalahan ini biasanya terjadi pada blog yang perdana/ baru melamar adsense. Lolos review tahap awal, tetapi melihat menu penghasilan di blog sudah bisa di atur tata letak iklan nya.


Ini menurut pengalaman yang saya alami, waktu itu saya mendapat Email dari Adsense berupa email penolakan. Yang mana di sana tertulis, lihat screen shot berikut:




Bila membaca bagian atas pada isi email adsense tersebut mengatakan (seperti yang kami utarakan pada Email sambutan kami, kami melaksanakan peninjauan kedua adsense anda). Saya sebenarnya bingung dengan ini, saya merasa tidak menerima email sambutan yang menyatakan blog masuk ke review tahap 2.


Barankali adsense, lupa mengirim email sambutan nya :D


Dengan ini saya menyadari jika saya tidak lolos review tahap kedua.


Kenapa saya tidak lolos review tahap kedua?


#Tidak menyetel pengaturan penempatan iklan untuk peninjauan tahap 2


Saya rasa ini alasan mengapa saya tidak lolos tahap 2, karena saya tidak menyetel penempatan iklan kosong untuk review tahap 2, padahal blog sudah memasuki peninjauan/ review tahap 2.


Tidak menyediakan laman iklan kosong membuat peninjauan tahap 2 tidak berjalan dengan semestinya. Dan akhirnya, blog saya mendapat email penolakan atas review kedua yang di lakukan adsense.


Instruksi untuk menyediakan ruang penempatan iklan adsense juga tertera pada penjelasan penolakan adsense review tahap 2 yang saya terima.


Di karenakan saya tidak menyadari jika blog sudah dalam masa review tahap 2, saya tidak ada mengecek status adsense karena saya hanya menunggu pesan gmail dari Adsense atas hasil peninjauan tahap awal. Saya kira blog yang lolos review tahap awal akan menerima pesan gmail, tetapi di Gmail saya tidak ada pesan apapun dari perusahaan adsense.


Bagaimana langkah selanjutnya?


#Mengirim ulang kembali peninjauan tahap awal


Nah, ini alasan mengapa setting tata letak iklan adsense pada menu penghasilan blogger tidak dapat tersimpan.


Seperti yang saya alami, sewaktu saya selesai mengirim pengajuan untuk peninjauan adsense kembali, saya langsung menuju pada menu penghasilan.


Dan saya di kagetkan dengan tertampilnya setting tata letak iklan adsense.




Saya kira saya bisa langsung menyetel tata letak tersebut untuk review tahap 2. Saya coba klik ketiga jenis tampilan iklan lalu tekan SAVE, muncul tulisan (Tidak dapat menyimpan menu penghasilan). Loh..loh..loh..


Saya pun bertanya-tanya, tata letak iklan sudah tertampil tapi tidak dapat di simpan. Sedangkan saya mengira blog sudah pada review tahap 2 tetapi banner iklan kosong belum saya terapkan sama sekali. 


Mengingat pemberitahuan Email masuk terdahulu memerintahkan agar menyediakan ruang iklan kosong untuk iklan adsense. 


Karena saya takut tidak keterima untuk kedua kalinya pada review tahap 2 membuat saya mencari jalan keluar kesana dan kesini.


Blog masih pada review tahap awal


Ternyata permasalahan ini di karenakan blog masih dalam peninjauan tahap awal. Karena sempat lolos tahap awal dan tidak keterima pada review tahap 2 ternyata membuat setting penempatan iklan (seperti gambar di atas) tidak hilang berganti. 


Mau sampai kapanpun tidak akan dapat tersimpan menu penghasilannya karena blog masih review tahap awal. :D oalah... Newbie.. Newbie..


Kesimpulan


Dengan pengalaman berharga ini saya dapat menyimpulkan:


A. Menu setting penempatan iklan adsense di menu penghasilan blogger di sebabkan blog masih dalam peninjauan tahap 1.


B. Tidak ada email pemberitahuan jika blog sudah lolos peninjauan tahap awal.


C. Tunggu saja hingga menu penghasilan dapat tersimpan. Itu tanda nya anda telah lolos review tahap awal adsense.


D. Jika dapat tersimpan, berarti anda telah masuk pada review tahap kedua Adsense. Siapkan penempatan iklan kosong pada blog baik bagian header dan sidebar blog. Pasang iklan berformat Responsif (Di sarankan).


E. Tunggu hingga iklan tampil di blog


Jika lolos review tahap 2, maka adsense akan mengirimkan pesan gmail yang berisikan persetujuan penuh adsense untuk penempatan iklan di blog. Seperti gambar berikut:




Dan iklan kosong yang telah anda tempatkan di blog sudah berisi iklan. Anda juga dapat meletakan iklan di beberapa gadget di sidebar maupun pada dalam artikel agar semakin mudah dilihat oleh banyak pengunjung. 


Demikianlah pengalaman saya, mengatasi menu setting penempatan iklan di menu penghasilan adsense tidak dapat tersimpan. Semoga bermanfaat!


Post a Comment

2 Comments

  1. kok saya gak bisa atur tata letak iklan di blog saya mas

    ReplyDelete
  2. Owalaahh.. Syapun sperti itu .Tpi sempat ada example.com di blog ku. .

    ReplyDelete