Cara meningkatkan pengunjung blog


Halo pemirsa Blog Maxinroe, artikel kali ini Maxinroe akan membahas mengenai bagaimana cara meningkatkan trafic website atau blog. Pembahasan ini menyangkut cara-cara yang dapat agan lakukan untuk meningkatkan jumlah visitor blog agan.

Dalam dunia blogging, trafic blog yang baik sangat sangat berarti untuk blog tersebut. Apa saja manfaat mendapat trafic blog yang baik. Di antaranya:

#Blog semakin eksis
Pertama, blog akan semakin eksis. Semakin banyak visitor yang mengunjungi blog dan membaca artikel blog anda, maka semakin eksis pula blog tersebut.

#pendapatan blog meningkat
Kedua, pendapatan blog anda kemungkinan besar akan semakin meningkat. Dengan jumlah visitor yang banyak dan berganti-ganti berarti semakin banyak pula yang melihat blog anda, itu juga berarti semakin besar pula pengunjung yang akan mengklik iklan yang ada di blog. Karena hal itu, meningkatkan jumlah visitor membuka peluang berpenghasilan lebih besar dari blog anda.

#Semakin profesional
Blog yang memiliki banyak pengunjung juga menandakan lebih profesional. Terlebih bagi penulis blog itu sendiri, ia juga akan di pandang dengan lebih profesional seiring populernya website/ blog yang ia kelola.

#Lebih semangat menulis artikel
Manfaat lain yang di sebabkan meningkatnya jumlah visitor ialah "Aktivitas menulis artikel semakin semangat". Dengan memiliki banyak reader yang membaca setiap artikel yang anda post atau dengan kata lain artikel yang anda publikasikan, maka akan mempengaruhi pisikologi anda. Pengaruh tersebut seperti, merasa lebih semangat untuk menulis artikel. Aktivitas blogging lebih menyenangkan, pikiran lebih rileks ketika mulai menulis, dan juga mudah nya tercipta ide/ gagasan artikel yang menjadi pembahasan artikel blog yang ingin anda tuliskan.

#Di kagumi blogger lainnya
Blog dengan terafic yang baik akan sangat di kagumi oleh para blogger lainnya. Itu sudah pasti, tidak ayal nantinya kita akan di tanya kiat-kiat sukses dengan blog dari mereka. Kalau sudah begitu, apakah anda ingin cara rahasia anda untuk meningkatkan trafic blog anda beritahu kepada mereka? :DD

Di atas merupakan 5 manfaat yang akan anda dapat di sebabkan pengunjung blog anda yang meningkat. Lalu, pertanyaanya "Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog?". Ada beberapa cara jitu yang dapat anda/ para blogger pemula lakukan agar blog dapat mendapatkan banyak pengunjung. Di antaranya:


1. Gunakan media sosial

Pertama, anda dapat menggunakan jejaring media sosial untuk meningkatkan pengunjung blog anda. Bahkan melalui media sosial saja, blog anda dapat dikunjungi ratusan pengunjung/ harinya. Tetapi, tetap yang paling utama ialah daya tarik judul artikel dan juga pembahasan artikel tersebut bagi mereka. Jika mereka tertarik dengan judul artikel yang anda Publish, maka semakin besar kemungkinan mereka akan mengunjungi blog anda dan juga menshare artikel tersebut.

Perhatian!, yang harus di perhatikan ialah jangan terlalu banyak ngepublish artikel blog anda di media sosial dalam satu waktu, hal ini akan sangat mengganggu untuk pengguna yang ada di media sosial itu sendiri.

Kalau sudah begitu, alih-alih mendapat kunjungan dan Feedback yang baik dari pengunjung, malahan pengunjung enggan mengunjungi blog tersebut karena kesal bahkan mereka akan menganggap artikel yang anda share adalah SPAM.

2. Gunakan judul entri artikel dengan bahasa yang Familiar

Judul artikel yang anda publish juga sangat mempengaruh untuk dikunjungi banyak reader. Terlebih pengunjung organik melalui web browser google. Gunakan judul artikel dengan lebih simple, jangan berbelit-belit, langsung menerangkan tujuan artikel tersebut secara langsung. Seperti, apa yang anda ketik ketika ingin mencari sesuatu di search engine google. Contoh, seperti judul entri "Cara agar blog di kunjungi banyak visitor", dengan kalimat "mau punya banyak pengunjung blog?, gunakan cara berikut".

Nah, bandingkan kedua contoh entri di atas kalimat mana yang kemungkinan besar akan di cari ketikan oleh pengunjung di search engine?, biasanya pengunjung yang sedang mencari cara tertentu akan mengetikan kata "Cara" di mesin pencarian. Nah, karena hal itu lebih baik kiranya jika anda membuat kata yang tertuju langsung pada isi artikel yang anda publikasikan.

3. Sering berkomentar di blog orang lain 

Berikutnya, cara yang dapat meningkatkan pengunjung blog ialah dengan aktif menuliskan komentar di blog lain yang memiliki trafik yang baik. Atau kegiatan ini akrab di sebut dengan BackLink. Apa itu backlink, singkat kata backlink ialah cara mengenalkan blog dengan menuliskan nama blog di kolom komentar di blog lain yang memiliki trafik yang cukup baik.

Yang perlu di perhatikan ialah, tulislah backlink nonaktif, bukan backlink aktif. Misalkan cukup dengan menulis kan nama blog anda di kolom komentar seperti "Maxinroe". Pengunjung blog tersebut yang merasa tertarik berkemungkinan besar akan mengunjungi nama blog yang anda tuliskan dan seketika itu, ketika pembaca melihat artikel-artikel berkualitas/ menarik di blog anda, maka ia akan menjadi pengunjung setia anda juga.

4. Cari tema artikel yang unik/ yang ada di sekitar anda

Cara ini sering saya lakukan dalam meningkatkan pengunjung blog. Salah satunya ketika saya menulis sebuah artikel mengenai sebuah perguruan tinggi yang terkena Hoax dengan di katakan sebuah perguruan tinggi yang abal-abal. Saya yang mengatahui hal sebenarnya atas berita angin yang tidak benar itu "Hoax", menulis sebuah artikel yang menerangkan jika perguruan tinggi tersebut bukanlah sebuah perguruan tinggi abal-abal.

Karena telah mendapat info yang akurat berasal dari hasil wawancara singkat dari pihak kampus, maka saya dapat menyimpulkan jika berita angin itu ialah berita "Hoax". Lalu saya tulis keterangan yang sebenarnya mengenai perguruan tinggi itu, lengkap dengan hasil wawancara yang saya lakukan.

Lalu, tidak lama setelah saya publish dan share kemedia sosial Facebook, langsung mendapat respon yang sangat baik. Yang mana terdapat page view mencapai 2.000 views. Dengan total lebih dari 100 kali di bagikan di Facebook. Seketika itu, saya sangat merasa senang dan juga memahami artikel bagaimana yang mampu meningkatkan terafik pengunjung blog saya "Maxinroe".

5. Aktif di google+

Berikutnya cara agar menambah pengunjung blog ialah dengan aktif di google+. Google+ merupakan sebuah platform buatan google inc yang mana hampir serupa dengan Facebook. Yang membedakan ialah Google+ memiliki banyak kumpulan halaman/ group yang dapat di manfaatkan sebagi tempat untuk menshare artikel-artikel di blog anda. Mulai dari halaman mengenai bisnis, komputer, gadget, blogger dan berbagai niche laman yang lain.

Bagaimana cara kerjanya?, cukup mudah anda hanya perlu menshare artikel anda kesalah satu laman di google+, lihatlah apa yang akan terjadi pada page views artikel tersebut mendapat pembaca yang lebih banyak.

Nah, sahabat blogger di atas merupakan hal-hal / cara yang dapat anda lakukan untuk menambah pengunjung blog anda. Cara-cara di atas merupakan hal-hal di atas berdasarkan pengalaman penulis. Semoga bermanfaat!


Post a Comment

8 Comments

  1. selain itu juga butuh konsistensi yah mas dan menyediakan waktu luang agar kehidupan dunia nyata dan dunia maya bisa berjalan beriringan.

    ReplyDelete
  2. Blogwalking kyknya ane kurang gan, mkx trfik jln ditempat, miris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, manfaatkan media sosial jg gan.. :)

      Delete
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Delete
  3. Udah gan, ane biasa nya share lewat komunitas fb n g+ juga tapi hasilnya masih gitu-gitu aja.. kalo agan dari kesemua cara, cara apa yang paling ngedongkrak trafik???
    Udah hampir putus asa nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau di Fb, artikel yg saya tulis mengambil tema/topic yg di gemari para remaja gan..

      Yg terpnting cari topic artikel yg mnarik untuk d bca..

      Delete
  4. Terima kasih infonya, kalo saya memilih blogwalking sambil baca-baca blog + dapat teman baru dari internet.

    ReplyDelete