Kenali dampak negatif akibat aktivitas blogging secara berlebihan, waspadalah!


Ngeblog memang sedang di gandrungi banyak orang yang senang dengan kegiatan menulis. Tentu sudah tidak asing, orang yang suka nulis blog di sebut dengan istilah Blogger. Ya, Blogger untuk sekarang ini merupakan sebuah status/ jenis pekerjaan yang cukup / bahkan sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, dengan kegiatan bekerja yang dapat di katakan santai dan dapat mendapatkan uang membuat lahirnya newbie-newbie blogger (Blogger baru). Hal ini menjadikan "Blogger" profesi yang tiada matinya.

Tetapi, ini yang menjadi permasalahan ketika blogging sudah memberikan dampak buruk bagi kita. Alih-alih mendapatkan uang, malahan membuat kita mengeluarkan uang untuk brobat karena pengaruh penyakit yang di sebabkan karena aktifitas blogging yang berlebihan. Untuk itu, kalau sudah demikian. Aktifitas blogging sudah tidak lagi mengasyikan.

Dari hal di atas, ada baiknya jika kita mulai memahami tanda-tanda jika blogging sudah memberikan dampak negatif bagi blogger. Apa saja pertanda/ dampak negatif karena berlebihan ngeblog. Berikut penjelasanya.

1. Pengaruh terhadap pisikologi

Aktifitas blogging yang berlebihan dapat mempengaruhi psikologi pelakunya. Di sebabkan karena keinginan yang kuat untuk terus ngeblog dapat membuat blogger menjadi terlalu terobsesi. Hal ini membuat blogger akan terus memikirkan terhadap blognya. Mengenai artikel atau pembahasan apa yang ingin di tulis di blog.

Jika sudah berlebihan, maka membuat pikiran blogger merasa tertekan. Dan ini menjadi dampak buruk karena aktifitas blogging yang berlebihan. Untuk itu, ada baiknya jika batasi waktu untuk nulis di blog "Blogging". Dan yang terpenting jangan sampai berlebihan. Tanda jika ngeblog sudah berlebihan dapat di kaitkan dengan pikiran terus tertuju pada blog. Pahami diri, dan mulailah untuk ngeblog sehat.

2. Social activity menjadi berkurang

Kedua, dampak negatif karena terlalu sering ngeblog ialah kurang nya social activity, atau dengan kata lain aktivitas sosial atau bisa juga di katakan kurang nya bergaulan sosial. Bagaimana tidak, ngeblog akan menuntut untuk berkonsetrasi dan karena menjadi sebuah aktivitas yang sangat aktif di lakukan di dalam rumah, membuat ngeblog tidak memberikan keluasan pergaulan di luar rumah.

Terlebih jika, di kaitkan dengan dampak yang pertama "Pikiran selalu tertuju pada nulis blog", bisa-bisa blogger seharian berada di rumah dan sama sekali tidak melakukan aktifitas sosialnya di luar rumah. Ini sangatlah berbahaya. Karena, akan banyak penyakit terlahir penyakit-penyakit kecil yang jika tidak cepat di sadari kemungkinan akan bertambah buruk.

Untuk itu, jadilah seorang blogger yang bijak. Yang mana ngeblog sama sekali tidak mempengaruhi social aktivity nya. Meskipun di sebut Fulltime blogger, tetap saja harus tetap mendirikan social activity di luar rumah. Selain tetap menjalin/ mendirikan kecendrungan sosial juga dapat merefresh kan pikiran dari tekanan pemikiran yang di dapat di saat menulis artikel.

3. Kurangnya waktu bersama keluarga

Ini merupakan salah satu dampak buruk karena berlebihan blogging yaitu membuat waktu bencengkrama dan berkomunikasi bersama keluarga di rumah menjadi berkurang. Bagaimana hal itu terjadi, ini di sebabkan seperti yang penulis rasakan. Ketika menulis artikel, di tuntut untuk tetap pokus pada rangkaian karangan yang di tulis. Konsentrasi ini yang membuat blogger mengabaikan hal lain yang ada di dalam rumah bahkan keluarga sekalipun. Bayangkan jika hal ini berlebihan? Bagaimana keadaan mu di rumah? Pastinya, bisa seharian tidak berbicara satu katapun dengan anggota keluarga dirumah.

Untuk menghindari hal ini, mulailah untuk ngeblog dengan lebih terjadwal. Dan jangan terlalu terobsesi dengan menulis artikel hingga mengabaikan seisi rumah. Yang perlu di pahami ialah, blog memang dapat memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan tetapi, itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, mulailah ngeblog dengan lebih sehat.

4. Gangguan fisik akan terganggu

Keempat, gangguan ini sangat kemungkinan besar akan di alami oleh pelaku blogger yang berlebihan dalam ngeblog. Bagaimana tidak, nulis artikel blog jika itu artikel original "Hasil karangan/ tulisan sendiri" tanpa Copy Paste, maka pasti membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih jika gambar yang di sertakan pada artikel di edit terlebih dahulu.

Apa saja dampak buruk dari ini, seperti kondisi mata yang akan terganggu karena terlalu lama menatap layar komputer/ layar smartphone. Tubuh merasa pegal/ loyo karena terlalu lama duduk. Dan hal-hal lainya yang di dasari dari gangguan fisik.

5. Hingga lupa akan diri sendiri

Kelima, dampak negatif karena berlebihan ngeblog yaitu lupa dengan mengurus diri. Karena waktu ngeblog yang sangat padat, membuat banyak para blogger yang sampai lupa untuk mengurus dirinya sendiri hal tersebut terjadi karena terlalu sangat terobsesi dengan blog. Lupa mengurus diri seperti telat makan, bemalas malasan untuk membersihkan diri, jarang bergerak/ jarang melakukan aktifitas fisik dan hal lainya yang serupa.

Kelima hal di atas merupakan dampak negatif karena altifitas blogging yang berlebihan. Dan kelima dampak di atas, pernah saya rasakan. Karena itu, saya ingin sharing tulisan ini hanya sekedar mengingatkan kembali. Jika sudah mengalami beberapa dampak buruk karena aktifitas blogging yang berlebihan seperti di atas ada baiknya jika mulai berbenah dengan membuat aktifitas blogging yang lebih sehat. Jangan sampai, niat menghasilkan uang dari blog membuat anda malahan mengeluarkan uang untuk brobat karena sakit. Lets be healthy blogger! :)


Post a Comment

2 Comments

  1. wah yang akhir ngeri juga tuh, jangan sampai deh haha.. kunbal yah gan

    ReplyDelete