Mau tahu tanda-tanda blog anda disukai visitor? berkut penjelasanya



Penting kiranya kita sebagai blogger mengetahui akan ciri tertentu yang menandakan bahwa blog serta artikel yang kita publikasikan di sukai oleh visitor. Tanggapan dari para visitor dapat menandakan respon mereka terhadap artikel pada blog anda. Dengan mengetahui tanda khusus dari visitor, anda akan memahami apakah blog anda bagus atau tidak.

Dengan mengetahui tanda-tanda blog anda di senangi para visitor, maka peluang monetisasi blog anda akan semakin baik. pertanyaan nya, bagaimana kita dapat mengetahui hal-hal yang menandakan jika blog anda di sukai para visitor? berikut penjelasanya.


1. Komentar

Salah satu ciri blog anda disenangi visitor ialah dengan membaca komentar yang mereka tuliskan pada blog anda. Nyatanya komentar dapat menjadi ukuran "standar" dari visitor yang telah membaca artikel anda dengan tuntas lalu mereka memberi tanggapanya dengan berkomentar. Maka hal ini dapat menandakan bahwa semakin banyak komentar yang di berikan semakin menandakan blog anda di sukai visitor.

Tetapi bila memandang dengan lebih luas, ada beberapa jenis komentar yang ada pada blog. komentar yang benar-benar berisi tanggapan dari visitor mengenai isi artikel anda dan komentar yang berisi backlink maupun Spam. Nah, tolah ukur komentar yang dapat menandakan blog anda di senangi visitor ialah dengan memperhatikan tanggapan komentar dari visitor yang telah membaca artikel/isi secara utuh dan keseluruhan.


2. Followers & Subcribers

Salah satu tanda lainya yang dapat menandakan bahwa blog anda di sukai visitor ialah dengan melihat banyak-nya visitor yang menjadi subcriber dan juga follower dari blog anda. Mungkin anda bertanya apakah perbedaan follower dengan subcriber? meskipun kedua hal tersebut menandakan bahwa visitor ingin mengikuti anda dan ingin terus update, tetapi kedua hal tersebut memiliki perbedaan.

Subcriber merupakan visitor yang mengikuti anda dengan menggunakan alamat email. Sedangkan follower ialah orang-orang yang mengikuti anda tetapi tidak menggunakan alamat email. Perbedaan khusus di antara kedua nya ialah, subcriber akan mudah mengetahui tentang update terbaru dari artikel anda karena setiap artikel baru yang ada update, subcriber akan menerima pesan email secara otomatis mengenai update terbaru tersebut. Tetapi Follower hanya terbatas dari notifikasi yang diberikan dari aplikasi tertentu.


3. Men-share artikel

Tanda lainya jika blog anda di senangi para visitor ialah dengan melihat banyak nya pengunjung yang men-share artikel blog anda. Aktivitas tersebut dapat menandakan akan ketertarikan pembaca yang men-share artikel anda. Ketertarikan tersebut membuat nya me-share artikel anda bahkan anda tidak menyuruh secara langsung.

Artikel yang di share oleh pengunjung blog anda membuat artikel pada blog anda berpotensi besar menambah jumlah viewer bahkan dapat menambah jumlah follower setia anda. Hal ini sangat baik untuk kegiatan monetisasi blog, semakin banyak yang mengunjungi blog anda dan membaca artikel anda, semakin besar peluang anda untuk memperoleh pendapatan dari layanan PPC Adsense maupun berbagai jenis layanan lainya yang telah termonetis pada blog anda. Tentunya hal tersebut sangat baik bagi anda agar mendapatkan pendapatan yang besar.


4. Melihat Avg. Session Duration & Bounce Rate Blog

Hal lain yang dapat menunjukan bahwa blog anda disenangi pengunjung ialah dengan melihat Avg. Session Duration & Bounce Rate pada blog anda. Jika anda masih asing dengan kata tersebut, berikut akan saya jelaskan.

-Avg. Session Duration adalah Keterangan mengenai durasi berapa lama pengunjung mengunjungi  blog anda per sesi kunjungan, Dalam satu sesi kunjungan di hitung dengan durasi waktu 30 menit.
-Bounce Rate merupakan data persentase visitor yang mengunjungi 1 halaman pada blog anda dalam sekali kunjungan lalu mereka meninggalkan blog anda. yang di hitung dengan skala per 1 halaman/ page.  

Kesimpulanya, bila jika durasi Avg Session Duration blog anda tinggi berati banyak pengunjung yang betah berlama-lama di blog anda (karena dihitung skala 30 menit/ satu kunjungan). Kemungkinan besar ia gemar mencari serta mengulik semua artikel yang ada pada blog anda. Lain hal nya dengan Bounce Rate, Semakin tinggi jumlah persentase Bounce Rate pada blog anda maka semakin buruk reputasi pada blog anda (karena yang di hitung ialah visitor yang mengunjungi 1 halaman blog anda lalu pergi bergitu saja). 

Nah sudah jelas bukan tanda-tanda yang dapat memberikan gambaran apakah visitor senang berlama-lama di blog anda. Semakin baik reputasi blog anda maka akan semakin baik pula penghasilan yang kemungkinan akan anda dapatkan.





Post a Comment

2 Comments

  1. yes mantap sobat.. lanjutkan kreasimu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, semoga artikel ini bermanfaat.. Iya, mas keep spirit for blogging.. :)

      Delete