Cara Cepat Mendapatkan ACC Dari Dosen Pembimbing Skripsi

Bagaimanakah cara cepat agar penelitian atau skripsi kamu bisa cepat dapat Acc dari dosen pembimbing?

Menjadi seorang mahasiswa harus siap  menjalankan tugas-tugas perkuliahan. Jika sewaktu masa sekolah dahulu, kamu sering tidak mengerjakan tugas/Pr dengan sengaja dan tidak menjadi permasalahan yang besar oleh gurumu, jika kamu melakukan sesuatu yang sama saat kuliah, maka sesuatu yang sangat buruk akan menimpa seperti IPK Anjlok, Banyak perbaikan nilai serta harus segera menyelesaikan segala tugas yang harus segera dikumpul ke dosen.

Menjadi seorang mahasiswa memang akan bergelut dengan banyak tugas. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya serta memikirkan dengan matang jurusan apa dan di universitas mana kamu ingin melanjutkan untuk kuliah. Terutama mempersiapkan mental dengan optimis untuk siap menghadapi berbagai macam tugas yang nantinya bakalan kamu harus kerjakan sewaktu di perkuliahan.


Untuk mahasiswa tingkat semester akhir, tugas kuliah terberat ialah menyelesaikan skripsi. Memang tidak seberat ditinggal mantan saat lagi sayang-sayangnya, tetapi cukup menguras pikiran saat membuat rancangan penelitian hingga berjibaku untuk menjumpai dosen agar bisa bimbingan dan segera Acc.

Jika kamu mendapat dosen pembimbing yang baik, ramah serta berdomisili tidak jauh dari kediaman kamu itu tidak masalah, tetapi jika kebalikannya itu yang menjadi masalah. hehe

Tidak banyak yang mengeluh di saat mau bimbingan, harus kesana-kemari serta harus mempersiapkan ini dan itu agar bisa bertemu dengan dosen penuh harap proposal skripsi segera di Acc. Karena itu, Maxinroe akan share bagaimana cara agar proposal skripsi bisa cepat di Acc dosen.

Cara Cepat Agar Proposal Penelitian Segara di ACC Dosen Pembimbing

1. Bertanya Tentang Kerangka Penelitian 
Ini salah satu kesalahan saya pribadi sewaktu mengerjakan poposal penelitian, yaitu tidak bertanya tentang kerangka skripsi sesuai dengan dosen pembimbing kehendaki. 

Setiap dosen mempunyai cara mereka dalam menentukan istilah-istilah sub penelitian, walaupun pada dasarnya pembahasan yang terdapat di dalam sub bab tersebut serupa tetapi penempatannya yang sering teracak. Jadi sangat penting untuk kamu tanyakan terlebih dahulu kepada dosen bagaimana kerangka proposal skripsi yang sesuai dengan kehendak dosen pembimbing.

2. Jangan Menunda Revisi
Setiap rencana penelitian yang kamu buat tidak akan pernah benar, saat kamu bimbingan dengan dosen pembimbing pasti akan ada hal-hal yang salah dan harus mendapat perbaikan atau revisi. Jadi jangan terlalu yakin, bimbingan sekali, duakali bisa langsung acc ya hehehe.

Biasanya bimbingan dengan dosen diadakan dengan membawa proposal penelitian per bab. Mulai dari bab 1 yang membahas latar belakang masalah hingga sampai bab 3 yang membahas desain penelitian. Ada juga typikal dosen yang meminta agar mahasiswa menyelesaikan terlebih dahulu semua bab lalu bimbingan. tetapi tetap saja keduanya kamu tidak akan bisa langsung dapat acc dengan sekali atau dua kali bimbingan.

Jika dosen meminta revisi, segera perbaiki dengan berusaha untuk melengkapi dan memperhatikan secara teliti apa saja yang harus mendapat perbaikan, jangan sampai ada yang terlewatkan.

3. Banyak-banyak bertanya saat bimbingan
Pada saat bimbingan kamu jangan diam saja, tetapi cobalah untuk bertanya tentang apa yang tidak kamu pahami dan bagaimana cara mengerjakannya. Semakin banyak bertanya maka akan semakin membuat penelitian kamu sesuai dengan yang di harapkan oleh dosen pembimbing.

Kesalahan yang sering terjadi ialah, banyak mahasiswa yang tidak mempersiapkan apa saja yang harus ditanyakan kepada dosen saat sedang bimbingan. Jangan hanya mengharap dosen akan merevisi atau memeriksa secara keseluruhan jadi kamu hanya tinggal mendengarkan apa yang dosen katakan saja. Cobalah persiapkan beberapa pertanyaan, maka ACC segera di depan mata.

4. Membawa Cemilan
Tidak harus cemilan-cemilan dengan harga mahal, cemilan keripik dengan harga Rp. 2.500 saja sudah cukup membuat dosen senang. Karena suatu pemberian tidak akan diukur dari berapa mahal barang tersebut, tetapi diukur dari keikhlasan serta kesan baik untuk yang memberi. Tapi sementang harga Rp.2.500 janganlah membawa cuma satu bungkus, bawa gitu 4-8 bungkus kan semakin banyak cemilan, semakin lama waktu kamu bisa bimbingan dan bertanya-tanya dengan dosen.

5. Jangan Membantah
Sangat di larang untuk membantah dosen ketika sedang bimbingan.Cukup dengarkan dan pahami saja apa yang dosen katakan dan jelaskan, jika masih belum paham segera tanya kembali sampai benar-benar mengerti. Cukup hanya mengatakan ia dan baik pak. Jika kamu ingin bertanya selalu berkata Maaf buk/pak, saya kurang mengerti .................. . Semakin sopan kamu, maka Acc semakin didepan mata. 

Post a Comment

0 Comments